ARTIKEL

PENGETAHUAN SEPUTAR FLU PADA ANAK YANG WAJIB DIKETAHUI OLEH NEW MOMS

Thursday, 29 July 2021

SHARE      

Pengetahuan Seputar Flu Pada Anak yang Wajib Diketahui oleh New Moms

Bagi ibu baru, menghadapi anak yang sakit meski hanya serangan flu biasa tentu akan membuat kita merasa panik. Hal ini biasanya terjadi akibat minimnya pengetahuan dalam hal merawat anak saat sakit yang belum pernah kita alami sebelumnya. Namun tak perlu khawatir, untuk menambah wawasan sebagai seorang ibu, berikut ini beberapa pengetahuan dasar seputar flu pada anak yang bisa Anda simak.

 

Pengetahuan Dasar Flu Pada Anak

  • Flu dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti infeksi virus dan bakteri serta faktor alergi (debu, udara dingin, bulu binatang, makanan, dan faktor pencetus alergi lainnya).
  • Flu pada anak terutama balita lebih sering terjadi karena imunitas tubuhnya belum sempurna.
  • Frekuensi flu dan batuk dikatakan wajar jika terjadi sebanyak enam kali dalam setahun. Jika lebih dari enam kali setahun, maka Moms perlu mengonsultasikannya langsung pada dokter untuk dicari penyebabnya dan dapat dicegah dengan baik.
  • Flu akibat infeksi virus biasanya ditandai oleh beberapa gejala yang muncul, seperti demam, nyeri otot, sakit tenggorokan, sakit kepala, bersin dan hidung tersumbat, serta batuk baik berdahak maupun tidak berdahak.
  • Gejala flu biasanya akan membaik dalam kurun waktu maksimal dua minggu.
  • Flu atau pilek yang disebabkan alergi memiliki gejala seperti hidung berair, mata bengkak, bersin-bersin, hidung tersumbat, muncul bentol biduran, batuk, rasa gatal di hidung dan tenggorokan.

 

Lalu, bagaimana cara mengatasi flu pada anak?

Langkah pertama yang bisa Moms lakukan untuk mengatasi flu pada anak adalah dengan bersikap tenang. Alih-alih panik, lakukan beberapa cara berikut ini ya, Moms.

  1. Dianjurkan bagi anak balita untuk mendapatkan vaksinasi influenza agar daya tahan tubuhnya kuat dan dapat mencegah infeksi virus flu dengan baik.
  2. Menghindari konsumsi makanan yang bisa memicu batuk, seperti makanan berminyak, makanan pedas, minuman dingin, atau snack kering.
  3. Melakukan tes alergi untuk mencari tahu penyebab anak flu.
  4. Memenuhi kebutuhan air mineral, memperbanyak konsumsi buah dan sayuran.
  5. Memenuhi kebutuhan istirahat Si Kecil untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya saat sakit.
  6. Menjaga kelembapan udara di rumah dan tidak menyalakan AC dengan suhu terlalu dingin saat malam hari.
  7. Tidak berdekatan dengan anggota keluarga yang sedang menderita flu atau sakit lainnya.
  8. Mengajak Si Kecil untuk memakai masker selama sakit flu

Memberikan obat yang mengandung Paracetamol untuk menurunkan demam yang terjadi saat anak flu, kandungan PE (Phenylephrine) sebagai dekongestan untuk melegakan hidung tersumbat, kandungan Guaifenesin dan Bromhexine untuk meredakan batuk berdahak yang menyertai flu, serta kandungan DPH (Diphenhydramine) yang bekerja menekan pusat batuk sekaligus sebagai antihistamin untuk meringankan gejala flu seperti demam, sakit kepala, bersin-bersin dan hidung tersumbat yang disertai batuk tidak berdahak.

Nah, dengan beberapa informasi mengenai flu pada anak di atas, kini tak perlu panik dan bingung lagi saat anak sakit kan, Moms? Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kesehatan anak, Moms bisa mencari tahunya melalui internet, membaca buku, saling bertukar cerita dengan keluarga dan teman, atau dengan mengonsultasikannya secara langsung pada dokter. Oh iya, pastikan untuk selalu menyediakan obat flu dan batuk anak di rumah untuk berjaga-jaga ya, Moms!

Baca Juga: Jangan Gegabah, Yuk Kenali Kandungan Obat Flu dan Batuk Anak yang Aman untuk Dikonsumsi

Source:

  • Omni Hospital
  • Halodoc.com
  BACA JUGA