ARTIKEL

CARA MENGATASI FLU DAN BATUK PADA ANAK

Wednesday, 16 June 2021

SHARE      

Cara Mengatasi Flu dan Batuk Pada Anak

Saat sakit, anak akan cenderung rewel, tidak bisa istirahat dengan nyaman, susah makan, dan tentunya susah untuk minum obat, salah satunya saat mereka mengalami flu dan batuk. Untuk itu, kita sebagai orang tua harus ekstra sabar dan anti panik dalam menghadapinya. Selain dengan memberikan perhatian penuh pada anak saat sakit, yuk simak cara mengatasi flu dan batuk pada anak yang bisa Moms lakukan di rumah.

 

Membatasi Kegiatan Anak di Rumah Saat Flu dan Batuk

Cara mengatasi flu dan batuk pada anak yang pertama adalah dengan membatasi kegiatan anak di rumah saat sakit. Tujuannya adalah agar Si Kecil mendapatkan waktu istirahat yang cukup agar proses penyembuhannya berlangsung cepat. Jangan lupa selalu dampingi Si Kecil ya Moms agar ia tak merasa bosan dan sendirian.

 

Memisahkan Anak yang Sedang Sakit dengan Anggota Keluarga Lainnya

Langkah kedua adalah dengan memisahkan anak yang sedang flu dan batuk dengan anggota keluarga lainnya agar tidak tertular. Caranya adalah dengan menempatkan Si Kecil di kamar atau ruangan terpisah, membedakan alat makan dan minumnya, dan tidak berinteraksi dulu untuk sementara waktu. 

Baca Juga: Anak Sakit Saat Pandemi, Ini yang Harus Moms Waspadai

 

Mengajak Anak untuk Selalu Memakai Masker Selama Sakit

Pastikan juga untuk mengajak Si Kecil untuk menggunakan masker selama berada di rumah ya, Moms. Ajarkan juga untuk selalu menutup mulut dan hidung saat bersin dan batuk agar virusnya tidak menyebar. Selain itu, ajak juga Si Kecil untuk rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan membilasnya dengan air bersih setelah memegang benda-benda tertentu, sehingga proses penyembuhannya bisa berlangsung lebih cepat.

 

Memberikan Obat yang Aman Dikonsumsi Anak-anak

Selain memastikan bahwa anak mendapatkan nutrisi yang cukup untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya melalui makanan bergizi dan juga air mineral yang cukup, cara mengatasi flu dan batuk pada anak yang juga bisa Moms lakukan adalah dengan memberikan obat yang mengandung Paracetamol untuk menurunkan demam yang terjadi saat anak batuk pilek, PE (Phenylephrine) sebagai dekongestan untuk melegakan hidung tersumbat saat flu, Guaifenesin dan Bromhexine di dalamnya juga sangat baik untuk meredakan batuk berdahak yang menyertai flu pada anak, atau kandungan DPH (Diphenhydramine) yang bekerja menekan pusat batuk sekaligus sebagai antihistamin untuk meringankan gejala flu seperti demam, sakit kepala, bersin-bersin dan hidung tersumbat yang disertai batuk tidak berdahak.

Baca Juga: Mengintip Manfaat Kandungan bodrexin Untuk Meringankan Flu dan Batuk Anak

  BACA JUGA