ARTIKEL

ANAK DEMAM SAAT BERPUASA, SEBAIKNYA APA YANG HARUS MOMS LAKUKAN?

Thursday, 10 March 2022

Anak Demam Saat Berpuasa, Sebaiknya Apa yang Harus Moms Lakukan?

Mendampingi anak belajar berpuasa tentu menjadi hal yang menyenangkan sekaligus penuh tantangan. Salah satu tantangannya adalah ketika anak demam saat berpuasa. Selain karena infeksi virus atau bakteri, demam pada anak bisa saja terjadi karena kekurangan cairan tubuh dan perubahan waktu tidur. Jika sudah begini, apa yang sebaiknya Moms lakukan?

                                                    

Anak demam saat berpuasa, bolehkah membatalkannya?

First thing first, tanyakan pada Si Kecil apakah mereka masih kuat untuk melanjutkan puasanya atau tidak sambil memberikan pemahaman bahwa ada beberapa kondisi seseorang diperbolehkan untuk tidak berpuasa, misalnya:

 

  • Saat sedang sakit
  • Musafir atau orang yang sedang melakukan perjalanan jarak jauh
  • Orang yang sudah tua
  • Ibu hamil dan menyusui
  • Anak di bawah lima tahun

 

Nah, berhubung Si Kecil mengalami demam, maka tidak ada salahnya juga bagi mereka untuk membatalkan puasa dan lebih memerhatikan kesehatannya terlebih dahulu. Sampaikan juga pada Si Kecil bahwa mereka bisa kembali belajar berpuasa saat demamnya sudah sembuh, sehingga mereka tidak perlu merasa kecewa karena usahanya dalam belajar berpuasa harus tertunda.

 

Setelah Si Kecil setuju untuk membatalkan puasanya, segera lakukan beberapa hal berikut ini untuk mengatasi demamnya ya, Moms.

 

  • Memenuhi kebutuhan air mineral dan makanan bernutrisi

Pastikan Si Kecil langsung mendapatkan asupan air mineral yang cukup. Saat demam, Moms bisa memberikannya air hangat untuk mencegah terjadinya dehidrasi akibat kekurangan cairan tubuh saat demam. Selain minum air mineral yang cukup, makan makanan tinggi protein, sayuran hijau, dan mengonsumsi buah yang kaya vitamin C dan memiliki kadar air yang tinggi juga sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya, sehingga proses penyembuhannya bisa berlangsung lebih cepat. Hindari mengonsumsi minuman dan makanan yang manis, karena kadar gula yang tinggi bisa menurunkan imun tubuh Si Kecil.

Baca Juga: Cara Mengatasi Anak Demam di Malam Hari

 

  • Minum obat penurun demam khusus anak-anak

Jika anak demam dan terpaksa harus membatalkan puasanya, segera berikan obat penurun demam yang sesuai umurnya dan mengandung Paracetamol yang bereaksi lebih cepat dan efektif untuk redakan demam.

 

Selain itu, pantau juga suhu tubuh Si Kecil secara berkala dengan mengeceknya setiap satu jam sekali, mengompresnya dengan air hangat di bagian dahi, lipatan ketiak, dan lipatan paha. Tak perlu khawatir, biasanya demam pada anak akan mereda dalam hitungan kurang dari tiga hari. Oleh karena itu, pastikan bahwa kebutuhan air mineral, nutrisi, dan istirahatnya cukup ya Moms agar ia bisa kembali berpuasa dengan lebih nyaman.

Artikel Lainnya: Mengatasi Flu Batuk Anak dengan Menghirup Uap Panas, Moms Pernah Coba?

bodrexin demam forte paracetamol

  BACA JUGA

Hati-Hati Kasus Pneumonia Banyak Dialami Anak, Moms Harus Bagaimana Selama Liburan?

Yuk kita simak panduan agar Moms dapat menjaga kesehatan si Kecil agar terhindar dari penyakit pneumonia.

Artikel29/12/2023

Seberapa Perlu si Kecil Diberi Vaksin Demam Berdarah?

pemberian Vaksin demam berdarah juga direkomendasikan oleh IDAI efektif untuk menurunkan risiko demam berdarah yang parah. Perlindungan ini bisa bertahan hingga beberapa tahun.

Artikel30/11/2023

Tips Meningkatkan Imunitas si Kecil di Musim Pancaroba

Moms perlu meningkatkan imunitas si Kecil agar ia tidak mudah tertular penyakit di musim pancaroba. Berikut beberapa tips untuk meningkatkan imunitas si Kecil:

Artikel15/11/2023