ARTIKEL

ANAK DEMAM DAN KEHILANGAN NAFSU MAKANNYA? INI SOLUSINYA, MOMS!

Wednesday, 01 September 2021

SHARE      

Anak Demam dan Kehilangan Nafsu Makannya? Ini Solusinya, Moms!

Saat anak demam, tak hanya rasa lemas dan tidak enak badan yang dirasakan, namun biasanya mereka juga akan kehilangan nafsu makannya. Kondisi seperti ini tentu membuat kita sebagai orangtua berkali lipat paniknya. Jika sudah begini, atasi dengan beberapa cara berikut agar demam cepat reda dan nutrisi tubuh Si Kecil tetap terjaga.

 

Mengompres Tubuh Anak dengan Air Hangat

Saat anak demam, langkah pertama yang bisa Moms lakukan untuk meredakan demam Si Kecil dengan mengompres beberapa bagian tubuhnya, seperti dahi, lipatan ketiak, dan juga lipatan pahanya. Kompres Si Kecil menggunakan handuk atau kain bersih yang dibasahi dengan air hangat setiap beberapa jam hingga suhu tubuhnya turun.

Baca Juga: Cara Menurunkan Panas Anak

 

Memakaikan Pakaian yang Tidak Terlalu Tebal

Saat anak demam, usahakan untuk tidak memberikannya pakaian tebal atau dengan menyelimutinya menggunakan selimut yang berlapis-lapis. Sebaliknya, berikanlah pakaian yang tidak terlalu tebal dan memiliki bahan yang mudah menyerap keringat. Atur pula suhu ruangan tempat anak beristirahat menjadi tidak terlalu panas maupun tidak terlalu dingin, serta pastikan sirkulasi udaranya di ruangan dalam kondisi yang baik.

 

Mencukupi Kebutuhan Air Mineral

Saat demam, anak akan kehilangan banyak cairan tubuhnya. Untuk menghindari dehidrasi, pastikan untuk mencukupi kebutuhan air mineral selama anak demam ya, Moms. Berikan air hangat dan hindari minuman berperisa dan mengandung pengawet agar proses penyembuhannya berjalan dengan cepat.

Baca Juga: Demam Pada Anak Naik Turun

 

Memberikan Makanan dalam Porsi Kecil

Saat anak mengalami demam, nafsu makannya juga akan ikut berkurang bahkan tidak ingin makan sama sekali. Namun, jangan biarkan hal ini terjadi. Tetap penuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil dengan cara memberikannya makanan dalam porsi yang kecil namun sering. Moms bisa memberikan makanan berkuah dan hangat, bertekstur lembut, dan menjauhi makanan yang mengandung lemak serta berbumbu tajam. Beberapa rekomendasi makanannya antara lain sop ayam, buah semangka, nasi tim, bubur, atau makanan favorit Si Kecil.

 

Temani Saat Si Kecil Makan

Saat memberikan makanan pada Kecil selama mereka demam, ada baiknya untuk ikut menemaninya ya, Moms. Dengan begini, Si Kecil bisa lebih bersemangat untuk makan dan merasa lebih nyaman ketika orangtuanya selalu hadir dan mendampingi saat sakit. 

 

Memberikan Obat Penurun Panas

Agar demamnya lekas turun, atasi juga dengan memberikan obat penurun panas yang mengandung Paracetamol setiap empat jam sekali hingga panasnya turun. Agar anak tidak malas minum obat, pilihkan obat demam anak dengan rasa yang disukai anak-anak ya Moms, misalnya rasa buah-buahan agar momen minum obatnya menjadi lebih menyenangkan.

Jika demamnya tak kunjung turun setelah satu minggu lamanya dan disertai dengan beberapa gejala cukup serius, segera konsultasikan kondisi anak secara langsung pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat ya, Moms!

Baca Juga: Anak Sering Panas Gejala Apa

 

Source: alodokter, Orami

  BACA JUGA

Sekolah Dimulai, Cara Mencegah Flu dan Batuk Penting untuk Moms Pahami

agar Moms tidak panik berlebihan dan Si Kecil dapat belajar dengan nyaman, cara mencegah flu dan batuk berikut ini penting untuk dipahami agar anak tetap sehat saat kembali bersekolah.

Artikel24/11/2021

Beda Batuk Pada Anak, Beda Pula Penyebabnya. Cari Tahu Yuk, Moms!

Ada dua jenis batuk yang sering dialami oleh anak, yaitu batuk kering dan batuk tidak berdahak. Nah, tahukah Moms bahwa beda penyebab dan cara mengatasinya lho, Moms. Cari tahu, yuk!

Artikel14/11/2021

Cara Meredakan Batuk Anak Saat Tidur

Saat anak mengalami batuk, tidurnya pun akan terganggu. Lalu, bagaimana ya cara meredakan batuk pada anak saat tidur agar ia bisa beristirahat dengan lebih nyenyak?

Artikel07/11/2021