ARTIKEL

DHA UNTUK KECERDASAN ANAK

Wednesday, 27 January 2016

SHARE      

DHA untuk Kecerdasan Anak

Setiap ibu ingin memiliki anak yang cerdas. Asupan gizi yang baik menjadi syarat agar otak tumbuh optimal. Termasuk asupan DHA. Apa itu DHA?

DHA (docosahexaenoic acid) adalah asam lemak omega-3 tak jenuh (polyunsaturated) yang baik bagi kesehatan. DHA pertumbuhan dan fungsi otak, mata, dan sistem saraf pusat yang optimal selama masa kehamilan dan pertumbuhan anak.

"Anak-anak membutuhkan asam lemak omega-3 sama seperti mereka membutuhkan vitamin," ujar Evelyn Tribole, MS, RD, penulis buku The Ultimate Omega-3 Diet. DHA dibutuhkan untuk pertumbuhan otak, seperti kalsium dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang.

Untuk anak baru lahir hingga usia 2 tahun, DHA berfungsi untuk mengasah koordinasi mata dan tangan menjadi lebih baik. Selain itu juga meningkatkan produksi hormon yang sangat penting untuk perkembangan otak dalam masa pertumbuhan. Sedangkan untuk anak usia 2-5 tahun, DHA bermanfaat untuk menurunkan risiko ADHD, masalah penglihatan, dan depresi.

Bagi bayi yang baru lahir hingga usia 6 bulan, pemenuhan kebutuhan DHA cukup diberikan melalui ASI saja, asalkan si ibu mengonsumsi suplemen DHA sebanyak 400 mg atau lebih. Sedangkan untuk anak usia 6 bulan - 2 tahun, dianjurkan untuk mengonsumsi setidaknya 100 mg DHA setiap hari. Sementara anak usia 2-5 tahun disarankan mengonsumsi setidaknya 200 mg DHA setiap harinya. Usia 4 tahun, menyuguhkan salmon porsi 30 gram setiap minggunya dinilai aman, demikian saran David Perlmutter, MD, ahli saraf di Naples.

Adapun makanan kaya akan kandungan DHA yang dapat Moms sajikan pada anak seperti yogurt, sereal, susu, dan telur (ketika anak menginjak usia 1 tahun). Ikan salmon juga bisa menjadi sumber DHA alami terbaik.

Foto : Shutterstock

  BACA JUGA

Agar Anak Tidak Mudah Kena Flu Dan Batuk, Hindari Konsumsi Makanan Ini Ya, Moms!

Agar nantinya Si Kecil tidak mudah kena flu dan batuk, yuk hindari untuk memberikan beberapa jenis makanan berikut ini, Moms.

Artikel23/06/2022

Selain Minum Obat, Ternyata Makanan Ini Bantu Mengatasi Anak Demam, Lho!

Meski saat anak demam nafsu makannya berkurang, namun Moms tidak perlu khawatir ya. Moms memberikan beberapa makanan berikut ini, lho. Penasaran?

Artikel29/09/2021

Tips Atasi Anak Kelelahan Setelah Liburan

Libur panjang baru saja berlalu, saatnya anak kembali ke sekolah. Namun, apa jadinya ya jika Buah Hati justru kelelahan akibat aktivitasnya selama liburan?

Artikel20/08/2018