ARTIKEL

PERBEDAAN BATUK BERDAHAK DAN BATUK KERING, MANA YANG PALING SERING DIALAMI SI KECIL?

Tuesday, 22 June 2021

SHARE      

Perbedaan Batuk Berdahak dan Batuk Kering, Mana yang Paling Sering Dialami Si Kecil?

Batuk merupakan bentuk reaksi tubuh terhadap benda asing yang masuk ke dalam sistem pernapasan. Namun, tak jarang juga keluhan ini muncul akibat adanya infeksi virus dan bakteri penyebab penyakit batuk, baik batuk berdahak maupun batuk kering yang bisa dialami oleh orang dewasa maupun anak-anak. Namun, apa sebenarnya perbedaan batuk berdahak dan batuk kering

 

Perbedaan Batuk Berdahak dan Batuk Kering

 

Batuk berdahak

Merupakan kondisi saat tubuh menghasilkan lebih banyak dahak atau lendir yang terdapat di saluran pernapasan. Hal ini terjadi karena adanya infeksi oleh virus atau bakteri yang menempel di saluran pernapasan, terutama tenggorokan. Ketika saluran pernapasan ini terinfeksi, maka tubuh akan memproduksi lendir lebih banyak untuk menjebak dan mengeluarkan organisme penyebab infeksi melalui batuk. Oleh karena itu, jika Si Kecil mengalami batuk berdahak, beritahukan untuk membuang dahaknya ya Moms, bukan menelannya kembali. Tujuannya adalah untuk mempercepat proses pengeluaran organisme penyebab batuk dan mempercepat proses penyembuhannya.

Tak hanya itu saja, pastikan juga untuk memenuhi kebutuhan air minum Si Kecil, utamakan air hangat untuk mendorong virus atau bakteri yang menempel di tenggorokan akan terdorong ke dalam lambung dan keluar melalui saluran cerna, baik berupa keringat maupun kotoran. Moms juga bisa memberikannya obat, terutama yang mengandung Guaifenesin dan Bromhexine di dalamnya juga sangat baik untuk meredakan batuk berdahak yang menyertai flu pada anak.

Baca Juga: 3 Tips Agar Si Kecil Mau Minum Obat Herbal Batuk Berdahak untuk Anak

 

Batuk kering

Hampir sama dengan batuk berdahak, batuk kering juga bisa dialami oleh orang dewasa maupun anak-anak dan biasanya terjadi akibat infeksi virus flu. Bedanya, batuk kering tidak mengeluarkan dahak dan seringkali membuat tenggorokan terasa sakit dan berlangsung cukup lama, biasanya akan semakin parah di malam hari dan membuat anak tidak dapat tidur dengan nyaman.

Untuk mengatasinya, Moms bisa memberikan air hangat pada Si Kecil. Jika batuknya semakin mengganggu, Moms juga bisa memberikan obat batuk mengandung DPH (Diphenhydramine) yang bekerja menekan pusat batuk sekaligus sebagai antihistamin untuk meringankan gejala batuk pilek seperti demam, sakit kepala, bersin-bersin dan hidung tersumbat yang disertai batuk tidak berdahak. Pastikan untuk memilih obat batuk yang mengandung rasa manis dan disukai anak-anak ya, Moms.

 

Dengan mengetahui beberapa perbedaan batuk berdahak dan batuk kering di atas, Anda tak perlu bingung lagi saat harus memberikan obat batuk pada anak. Nah, dari kedua jenis batuk ini, mana yang sering dialami oleh Si Kecil nih, Moms?

Baca Juga: Bolehkah Beri Anak Obat Batuk Berdahak saat Si Buah Hati Batuk Kering?

  BACA JUGA