ARTIKEL

MOMS, LAKUKAN INI SAAT DEMAM PADA ANAK SUHU TUBUHNYA MENCAPAI 39 DERAJAT CELCIUS

Friday, 15 July 2022

SHARE      

Moms, Lakukan Ini Saat Demam Pada Anak Suhu Tubuhnya Mencapai 39 Derajat Celcius

Saat anak dalam kondisi sehat, umumnya suhu tubuhnya sekitar 37 derajat Celcius. Si Kecil bisa dikatakan hangat atau “sumeng” jika suhu tubuhnya berada sedikit di atas 38 derajat Celcius. Meski begitu, kondisi ini tak perlu Moms khawatirkan, karena jika tidak disertai dengan gejala lainnya, umumnya suhu tubuh Si Kecil akan mereda dalam  hitungan jam.

 

Anak Panas Tinggi 39 derajat                             

Namun, lain halnya jika demam pada anak suhunya mencapai 39 derajat, bisa dibilang bahwa Si Kecil mengalami kondisi demam tinggi dan harus mendapatkan penanganan yang lebih baik untuk meredakannya. Jika Si Kecil mengalami demam tinggi karena infeksi, flu, radang tenggorokan, atau efek vaksinasi, segera lakukan beberapa hal berikut ini ya, Moms.

 

  • Memastikan kebutuhan cairan tubuh pada anak tercukupi dengan baik dengan cara memberikan air mineral dan juga makanan serta buah-buahan yang tinggi kandungan airnya untuk mencegah terjadinya dehidrasi yang bisa memperparah demam yang dialami oleh Si Kecil.
  • Tidak memaksakan anak untuk makan dalam porsi yang besar sekaligus. Sebaliknya, segera berikan Si Kecil makanan saat mereka menginginkannya.
  • Memeriksa kondisi anak secara berkala di malam hari, mulai dari rutin mengukur suhu tubuhnya setiap 30 menit, memberikan air minum, dan amati juga apakah ada gejala penyerta yang dialami Si Kecil saat demam.
  • Memastikan anak untuk istirahat cukup di rumah, oleh karena itu sebaiknya jangan mengajak anak untuk bepergian dulu.
  • Mengompresnya dengan air hangat.
  • Menjaga suhu ruangan agar tidak terlalu panas atau dingin,
  • Memberikan pakaian dengan bahan yang mudah menyerap keringat, tidak terlalu tebal, dan nyaman digunakan Si Kecil.
  • Jangan berikan pakaian atau selimut yang berlapis agar demamnya cepat turun.
  • Jika demamnya tak kunjung turun, segera berikan obat penurun demam khusus anak-anak sesuai dosis yang tertera pada kemasan.

Artikel Lainnya: Mengapa Anak Tidak Nafsu Makan Saat Flu Batuk Ya, Moms? Simak Tips Mengatasinya!

Umumnya, obat demam anak yang mengandung Paracetamol hanya ditujukan untuk anak usia dua tahun ke atas ya, Moms. Sehingga, jika Si Kecil masih berusia kurang dari dua tahun sebaiknya segera konsultasikan pada dokter untuk mengatasi demam yang dialami. Cermati juga bahwa kini terdapat obat demam anak yang sesuai usia anak lho, moms.

 

bodrexin demam forte 6 tahun

Baca Juga:

  BACA JUGA