ARTIKEL

SELAIN MINUM OBAT, TERNYATA MAKANAN INI BANTU MENGATASI ANAK DEMAM, LHO!

Wednesday, 29 September 2021

Selain Minum Obat, Ternyata Makanan Ini Bantu Mengatasi Anak Demam, Lho!

Meski anak akan cenderung kehilangan nafsu makannya saat demam, namun tahukah anda bahwa selain minum obat yang mengandung Paracetamol untuk membatu meredakan panas anak, mengatasi anak demam juga bisa dilakukan dengan memberikan beberapa makanan berikut ini, lho. Penasaran?

 

Mengatasi Anak Demam dengan Memberikan Makanan Bernutrisi 

Meski saat anak demam nafsu makannya berkurang, namun jangan sampai mereka kekuranga nutrisi tubuhnya ya, Moms. Tetap penuhi kebutuhan nutrisinya melalui makanan lezat dan berkuah yang sangat baik dikonsumsi saat demam, seperti sop ayam. Rasa hangat dari sup bisa memberikan rasa nyaman serta potongan sayur seperti wortel yang kaya akan vitamin A dan daging ayam yang kaya akan zat besi dan protein juga sangat baik untuk menutrisi tubuh saat demam.

Tak hanya memenuhi kebutuhan nutrisi dan membuat tubuh terasa lebih segar, memberikan makanan berkuah saat anak demam juga bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuhnya. Pasalnya, anak juga cenderung mengalami dehidrasi saat demam. Hindari memaksanya untuk makan banyak, Moms bisa memberikannya makanan dalam porsi kecil namun frekuensinya cukup sering.

 

1. Yogurt

Dilansir dari laman online situs Liputan6.com, mengonsumsi yogurt saat demam ternyata bisa meredakan sakit tenggorokan akibat demam dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kandungan protein yang cukup tinggi di dalamnya. Namun, pastikan untuk memilih produk yogurt dengan kandungan gula yang rendah di dalamnya ya, Moms. Agar lebih nikmat, Moms juga bisa menambahkan beberapa buah-buahan seperti strawberry dan jeruk yang kaya akan vitamin C kemudian diberi tambahan madu agar Si Kecil lebih bersemangat untuk memakannya.

 

2. Makanan yang Bertekstur Lembut

Pilihan makanan lain untuk mengatasi anak demam adalah makanan yang bertekstur lembut, seperti bubur ayam atau oatmeal yang kaya akan vitamin E untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. 

Baca Juga: 5 Makanan Sehat Bantu Anak Turunkan Demam. Mana Favorit Si Kecil?

 

3. Air Kelapa Hijau

Saat demam, anak juga akan cenderung merasa dehidrasi akibat kehilangan banyak cairan dan juga elektrolit dalam tubuhnya. Selain dengan memenuhi kebutuhan air mineral sebanyak delapan gelas setiap harinya, Moms juga bisa memberikan air kelapa hijau pada anak. Tujuannya adalah untuk menstabilkan tubuh setelah kehilangan banyak cairan tubuhnya. Rasa manis dari kelapa hijau pasti disukai anak-anak, deh.

 

Selain beberapa makanan di atas, mengatasi anak demam juga bisa dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat di rumah dengan cara berikut ini.

  • Rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir hingga bersih, terutama setelah bermain atau memegang benda tertentu. 
  • Selalu menggunakan masker dan membawa hand sanitizer sebagai pengganti sabun dan air untuk menjaga tangan agar terbebas dari kuman dan bakteri penyebab penyakit.
  • Tidak mengajak Si Kecil ke tempat yang ramai dan banyak terdapat orang sakit.
  • Olahraga bersama keluarga di akhir pekan sebagai aktivitas menyenangkan 

Tidak jajan sembarangan apabila bepergian ke luar rumah. 

Baca Juga: Anak Sering Panas Gejala Apa

  BACA JUGA

Cara Meredakan Demam Saat Anak Tumbuh Gigi

Bagaimana cara meredakan demam saat anak tumbuh gigi? Ada dua alasan utama mengapa tumbuh gigi dan infeksi terjadi pada waktu yang sama.

Artikel13/03/2023

Cara Mengatasi Anak Flu Batuk Saat Nafsu Makannya Menurun

Tak hanya terjadi pada orang dewasa, flu dan batuk yang dialami oleh anak-anak juga bisa membuat nafsu makannya menurun. Yuk lihat beberapa cara mengatasi anak flu batuk saat nafsu makannya menurun berikut ini.

Artikel29/11/2022

Bebas Ribet, Ini Dia Cara Alami Mengatasi Anak Flu Batuk yang Bisa Moms Lakukan di Rumah

Flu dan batuk menjadi penyakit yang paling banyak dialami oleh anak-anak. Pengetahuan mengenai cara mengatasi anak flu batuk di rumah secara sederhana dan alami berikut ini tentu sangat diperlukan.

Artikel08/08/2022