ARTIKEL

MEMILIH OBAT PENURUN PANAS DAN DEMAM YANG TEPAT UNTUK ANAK

Wednesday, 23 May 2018

SHARE      

Memilih Obat Penurun Panas dan Demam Yang Tepat Untuk Anak

Memilih obat penurun panas untuk anak sebetulnya tidak sulit. Namun dengan banyaknya berbagai pilihan yang ada di pasaran, tentunya orang tua harus semakin cermat dalam memilih. Ada beberapa kriteria yang perlu dipertimbangkan untuk mendapatkan obat yang cocok dan tepat untuk Buah Hati. Seperti 5 hal berikut ini:

  1. Dosis khusus anak-anak
    Carilah obat penurun panas untuk anak-anak. Ini menjamin pemberian dosis yang lebih aman bagi lambung Buah Hati. Cara menghitung dosis paracetamol adalah 10-20 mg untuk setiap kg berat badan dalam 1 dosis pemberian, dan bisa diberikan setiap 6-8 jam sekali (3-4 kali dalam sehari). Sebagai contoh jika berat badan anak 10,5 kg, berarti membutuhkan 10mg x 10,5 = 105 mg, dapat dibulatkan 100 mg dalam 1 dosis pemberian.
     
  2. Bentuk yang paling mudah dikonsumsi
    Bagi Buah Hati yang masih berusia balita, biasanya akan lebih mudah diberikan obat penurun panas berbentuk sirup cair. Sedangkan untuk Buah Hati yang sudah lebih besar, biasanya lebih menyukai obat tablet hisap, karena rasanya seperti mengulum permen.
     
  3. Rasa yang disukai Buah Hati
    Buah Hati biasanya menolak minum obat karena rasanya tidak enak ataupun pahit. Atasi hal ini dengan memberikannya obat dengan rasa buah seperti jeruk yang manis yang segar.
     
  4. Terpercaya
    Buah Hati yang tercinta tentu harus mendapatkan perawatan yang terbaik. Oleh karena itu hanya percayakan obat yang sudah dikenal dan dipercaya dari generasi ke generasi untuk menurunkan panas demam.
     
  5. Cari yang mengandung Parasetamol
    Parasetamol adalah formula yang umum dipakai untuk membantu menurunkan panas demam. Selain itu, parasetamol juga bisa meredakan rasa nyeri dan demam setelah imunisasi. Dibandingkan kandungan lainnya, parasetamol merupakan kandungan yang aman bagi lambung sehingga tidak menyebabkan iritasi.

Semua kriteria di atas bisa Moms dapatkan dalam bodrexin Demam Sirup yang mengandung Paracetamol 160mg. Jangan lupa berikan sesuai aturan pakainya:

Aturan Pakai

Dosis yang di anjurkan berdasarkan umur anak:

1-2 tahun : 3-4 kali sehari 1 sendok takar

2-6 tahun : 3-4 kali sehari 1-2 sendok takar

6-12 tahun : 3-4 kali sehari 2-4 sendok takar

Bila perlu dapat di ulang setiap 4-6 jam (maksimum 4 kali sehari) atau menurut petunjuk dokter.

  BACA JUGA

Jaga Kesehatan Si Kecil, Hindari Penyebab Batuk Pada Bayi dan Anak Usia Sekolah Berikut Ini

Penyebab batuk pada bayi dan balita yang utama adalah virus dan bakteri yang menempel di saluran pernapasan dan pada akhirnya berkembangbiak dan bersifat menular. Kira-kira apa saja dan bagaimana cara mengatasinya, ya?

Artikel17/12/2020

Flu dan Batuk, Tanda Gejala Alergi Pada Anak?

tahukah Bunda bahwa flu dan batuk juga bisa muncul akibat anak mengalami alergi, terutama saat mereka terpapar langsung dengan sumber alergi atau yang disebut juga dengan alergen. Lalu, bagaimana cara membedakan flu dan batuk akibat alergi dan virus, ya?

Artikel09/12/2020

Flu Bikin Anak Jadi Demam, Begini Cara Mengatasinya, Moms!

Sebagai seorang ibu, kekhawatirannya pasti akan semakin meningkat saat anak mengalami flu dan batuk, Namun tak perlu panik, saat flu bikin anak jadi demam, begini cara mengatasinya, Moms!

Artikel02/12/2020