ARTIKEL

TIPS MENGASUH ANAK KEMBAR

Wednesday, 27 January 2016

SHARE      

Tips Mengasuh Anak Kembar

Bayi kembar memang menggemaskan. Tetapi mengurusnya tentu sangat melelahkan. Bayangkan saja, dua bayi harus mendapat perhatian di saat bersamaan. Memiliki anak kembar? Jennifer Walker, seorang perawat berpengalaman yang juga penulis buku The Moms on Call Guide to Basic Baby Care dan juga seorang ibu dari anak kembar, berbagi tips mengasuh bayi kembar.

1. Buatlah jadwal

Buatlah jadwal yang sama bagi kedua anak Anda. Mulai dari jadwal menyusui dan tidur yang sama agar Moms juga memiliki waktu istirahat yang cukup.

2. Belajar menyusui dua bayi secara bersamaan

Bagaimana menyusui bayi secara bersamaan? Jennifer menyusui satu bayi langsung dari payudara, di saat yang sama ia memberi susu satu bayi yang lain dengan botol. Tetapi jika nyaman, menyusui keduanya bersamaan dari payudara Moms juga bisa dilakukan namun butuh latihan dan kesabaran.

3. Satu tempat tidur bayi cukup di bulan-bulan pertama

Anak kembar umumnya lebih nyenyak bila diletakkan berdampingan. Namun jika si kembar sudah mulai pintar berguling dan saling menabrak Moms bisa memisahkannya. Jangan lupa, mereka harus punya car seat sendiri-sendiri. Untuk stroller, sekarang sudah banyak pilihan double stroller.

4. Anak kembar berbagi kuman

Bila salah satu anak di rumah terkena kuman atau infeksi, bisa dipastikan kuman tersebut akan cepat berpindah ke anak yang lain. Maka, segera atasi bila salah satu anak mengalami gangguan kesehatan. Jangan menunda, karena bila sudah menjangkiti keduanya, tentu akan lebih merepotkan.

5.  Meskipun mirip, anak kembar bisa sangat berbeda

Bagaimanapun, anak kembar adalah pribadi yang terpisah. Hindari membanding-bandingkan keduanya. Ingat, setiap anak punya kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Foto: Shutterstock

  BACA JUGA

Demam Pada Anak Naik Turun, Pertanda Demam Berdarah?

Moms, demam pada anak naik turun biasanya disebabkan virus bakteri yang menyerang tubuh/ gejala dari demam berdarah. Bagaimana cara mengatasinya?

Artikel25/08/2021

Tanda Demam Pada Anak Mulai Berbahaya dan Perlu Dibawa ke Dokter

Anak demam belum pulih dalam kurun waktu kurang dari satu minggu, Moms perlu waspada jika anak juga mengalami beberapa gejala penyerta berikut ini.

Artikel19/08/2021

Demam Pada Anak Tak Kunjung Turun, Perhatikan Juga Gejala Penyertanya Ya, Moms!

Demam bisa jadi menandakan kalau Si Kecil mengalami kondisi kesehatan tertentu. Untuk mengetahuinya, simak gejala penyerta untuk mengetahui kemungkinan penyakit yang ia derita berikut ini ya, Moms!

Artikel13/08/2021