ARTIKEL

KHAWATIR SI KECIL DEHIDRASI? INI TIPS MENDORONG ANAK MINUM LEBIH BANYAK

Wednesday, 20 September 2023

Khawatir si Kecil Dehidrasi? Ini Tips Mendorong Anak Minum Lebih Banyak

Kesehatan anak adalah prioritas utama bagi setiap orang tua. Salah satu hal penting yang harus diperhatikan adalah menjaga agar anak tetap terhidrasi dengan baik terutama di tengah musim kemarau. Dehidrasi pada anak-anak dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan yang serius, termasuk demam tinggi, kelelahan, hingga masalah ginjal. Namun memang tidak mudah untuk meyakinkan si kecil untuk minum cukup air. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa tips efektif untuk mendorong anak Moms minum lebih banyak.

 

Mengapa Dehidrasi pada Anak-anak Perlu Dikhawatirkan?

Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air. Air penting untuk menjaga berbagai fungsi tubuh, seperti menjaga suhu tubuh, membantu pencernaan, dan mengangkut nutrisi ke sel-sel tubuh. Anak-anak berisiko lebih tinggi mengalami dehidrasi daripada orang dewasa karena laju metabolisme mereka yang lebih tinggi dan aktivitas fisik yang lebih intens.

 

Beberapa gejala dehidrasi pada anak meliputi:

  • Mulut kering
  • Mata cekung
  • Sedikit buang air kecil
  • Nafsu makan menurun
  • Mudah marah atau rewel
  • Demam tinggi
  • Lemas atau kelelahan
  • Pingsan atau pingsan

 

Dehidrasi pada anak-anak dapat memiliki efek yang signifikan pada kesehatan mereka. Untuk dampak kesehatan yang mungkin terjadi, penting untuk memastikan anak-anak Moms minum cukup air sepanjang hari.

 

Tips Mendorong Anak Minum Lebih Banyak

 

1. Jadwalkan Waktu Minum

Buat jadwal tetap untuk minum air. Anjurkan anak-anak untuk minum air setiap beberapa jam. Ini akan membantu mereka membiasakan diri dengan kebiasaan minum yang sehat.

 

2. Buat Minuman Menarik

Buat minuman yang menarik bagi anak-anak. Moms dapat menambahkan potongan buah segar atau es batu ke dalam air untuk membuatnya lebih menarik. Juga, berikan pilihan minuman yang sehat seperti jus buah yang tidak mengandung gula tambahan.

 

3. Contoh yang Baik

Anak-anak sering meniru apa yang mereka lihat. Jadi, tunjukkan contoh yang baik dengan minum cukup air sendiri. Ini akan menginspirasi mereka untuk mengikuti jejak Moms.

 

4. Berikan Alternatif Sehat

Hindari memberikan minuman manis seperti minuman bersoda atau minuman yang mengandung gula tinggi. Sebagai gantinya, Moms juga bisa mencoba minuman rendah gula seperti air kelapa atau sari buah, sebagai alternatif dari air mineral.

 

6. Gunakan Botol Air yang Menarik

Berikan anak-anak botol air yang menarik dengan desain yang disukai mereka. Ini akan membuat minum air lebih menyenangkan.

 

7. Konsumsi air dengan takaran yang tepat

Pada hari-hari panas atau ketika anak-anak beraktivitas fisik, mereka memerlukan lebih banyak air. Pastikan mereka minum lebih sering dalam kondisi ini. Anak-anak (1-3 tahun) direkomendasikan meminum 800-1.000 ml air putih per hari . Sedangkan anak usia 4-8 tahun kebutuhannya meningkat menjadi 1.200-1.600 ml per hari.

 

8. Perhatikan Tanda-tanda Dehidrasi

Selalu waspadai tanda-tanda dehidrasi pada anak-anak Moms dan segera tindak jika Moms mencurigai dehidrasi. Ini termasuk mata cekung, bibir kering, dan jumlah buang air kecil yang sedikit, bahkan demam tinggi. Namun, dengan menerapkan tips-tips di atas, diharapkan Moms dapat membantu mencegah dehidrasi pada anak-anak Moms dan menjaga kesehatan mereka dengan baik.

 

Akan tetapi, apabila si Kecil menunjukkan tanda-tanda dehidrasi seperti demam maka segera sediakan pertolongan pertama, yaitu obat penurun panas khusus anak yang sudah aman dan terverifikasi oleh BPOM. Apabila kondisi belum membaik, segera bawa ke dokter.

 

Artikel Lainnya: Jakarta Darurat Polusi Udara, Ini Penanganan Darurat ISPA pada Anak!

  BACA JUGA

Hati-Hati Kasus Pneumonia Banyak Dialami Anak, Moms Harus Bagaimana Selama Liburan?

Yuk kita simak panduan agar Moms dapat menjaga kesehatan si Kecil agar terhindar dari penyakit pneumonia.

Artikel29/12/2023

Seberapa Perlu si Kecil Diberi Vaksin Demam Berdarah?

pemberian Vaksin demam berdarah juga direkomendasikan oleh IDAI efektif untuk menurunkan risiko demam berdarah yang parah. Perlindungan ini bisa bertahan hingga beberapa tahun.

Artikel30/11/2023

Tips Meningkatkan Imunitas si Kecil di Musim Pancaroba

Moms perlu meningkatkan imunitas si Kecil agar ia tidak mudah tertular penyakit di musim pancaroba. Berikut beberapa tips untuk meningkatkan imunitas si Kecil:

Artikel15/11/2023