ARTIKEL

KAPAN SEBAIKNYA SI KECIL MULAI DIAJARKAN BERPUASA?

Wednesday, 12 April 2023

Kapan Sebaiknya Si Kecil Mulai Diajarkan Berpuasa?

Bagi umat Islam, membiasakan si Kecil untuk berpuasa memang hal yang penting. Namun, tentu saja proses pembiasaan ini tidak boleh dipaksakan dan perlu dilakukan dengan menyenangkan. Sebenarnya tidak ada patokan usia kapan waktu yang tepat untuk anak-anak mulai berpuasa. Namun dilansir dari tempo.co, seorang pakar psikologi lulusan Universitas Indonesia, Adriani Purbo, menyatakan bahwa usia 3 tahun adalah usia yang tepat bagi si Kecil untuk merasakan suasana Ramadan. Lalu, bagaimana mengajarkan si Kecil berpuasa sesuai tahapan usianya?

 

Usia 3-5 tahun

Pada usia balita tersebut, si Kecil belum memiliki pengetahuan tentang arti puasa. Orang tua dapat menyampaikan pesan puasa Ramadan dengan cara mengenalkan suasananya terlebih dahulu. Biarkan si Kecil turut mengalami pengalaman yang nyata dengan melibatkannya dalam kegiatan sahur, salat tarawih, dan buka puasa. Namun ingat, orangtua tidak boleh memaksa si Kecil untuk bangun sahur, biarkan prosesnya berjalan secara alami.

 

Jika si Kecil sudah cukup paham tentang konsep berpuasa secara umum yaitu menahan haus dan lapar, Moms bisa meningkatkan pengalaman berpuasa dengan mengajaknya ikut menahan haus dan lapar dalam rentang waktu yang singkat, misalnya 3-4 jam saja. Waktu latihan yang terlalu lama justru akan menganggu pertumbuhan dan perkembangan si Kecil.

 

Usia 6 – 8 tahun

Pada tahapan usia 6 – 8 tahun, si Kecil sudah lebih besar dan sudah lebih memahami konsep berpuasa yang sebenarnya. Si Kecil juga sudah bisa membedakan hal yang benar dan salah. Apalagi pada usia ini si Kecil sudah mulai bersekolah ke jenjang yang lebih serius yaitu sekolah dasar. Moms sudah sangat bisa mengajarkan si Kecil berpuasa penuh selama Ramadan.

 

Tentu saja Moms tetap tidak boleh memaksa si Kecil. Pertama-tama perpanjanglah jam puasanya. Jika di usia balita si Kecil hanya menahan lapar selama 3-4 jam, maka di usia 6 tahun ke atas durasi berpuasa si Kecil bisa ditingkatkan menjadi 6 jam, 8 jam, hingga mampu berpuasa penuh. Jangan lupa juga untuk memastikan kondisi kesehatan si Kecil ke dokter sebelum mulai berpuasa, pastikan ia dalam kondisi fit dan tidak ada masalah kesehatan tertentu.

 

Ingat ya Moms, kunci dalam mengajarkan puasa pada si Kecil adalah dengan kesabaran, tumbuhkan kesadaran berpuasa secara bertahap hingga si Kecil mampu berpuasa dengan keikhlasannya sendiri. Semoga berhasil, Moms!

  BACA JUGA