ARTIKEL

CARA MENGATASI HIDUNG MAMPET SEBELAH AKIBAT FLU DAN BATUK

Wednesday, 15 December 2021

Cara Mengatasi Hidung Mampet Sebelah Akibat Flu dan Batuk

Penyebab hidung tersumbat sebelah maupun keduanya pada anak-anak bisa sangat beragam, salah satunya adalah flu. Hal ini karena flu merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang menyerang saluran pernapasan, seperti hidung dan tenggorokan. Kondisi seperti ini tentu membuat mereka kesulitan bernapas, terutama saat tidur. Melihat hal ini tentu membuat kita merasa kasihan saat anak mengalaminya bukan, Moms? Oleh karena itu, yuk simak beberapa cara mengatasi hidung mampet sebelah akibat flu dan batuk pada anak berikut ini.

 

Cara Mengatasi Hidung Mampet Sebelah: 

 

Minum Air Hangat! 

Alih-alih memberikan Si Kecil air dingin, Moms bisa memberikan air hangat untuk mempercepat proses penyembuhan flu pada anak. Dengan rutin minum air hangat saat flu dan hidung tersumbat konon bisa mengencerkan lendir yang mengendap di hidung, sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan. Tak hanya sebatas air mineral hangat saja, Moms bisa juga memberikan jenis minuman hangat lainnya, seperti air hangat yang dicampur lemon dan madu, wedang jahe sekaligus untuk menghangatkan tenggorokan, atau teh hangat yang mengandung antiseptik serta dekongestan alami untuk memudahkan pernapasan anak. 

 

Menghirup Uap Air Hangat

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan sebagai cara mengatasi hidung tersumbat sebelah adalah dengan menghirup uap air hangat. Caranya cukup dengan merebus air hingga mendidih, taruh dalam wadah besar, lalu ajak Si Kecil untuk menghirup uap yang keluar dari air tadi. Namun, pastikan anak berada dalam jarak yang tidak terlalu dekat dengan air panas dalam wadah ya, Moms.

Baca Juga: Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak

 

Mengompres Hidung Menggunakan Air Hangat

Moms juga bisa memanfaatkan air panas tadi untuk mengompres hidung Si Kecil untuk membantu mengencerkan lendir yang mengendap di hidung. Caranya adalah dengan mencelupkan atau membasahi kain bersih ke dalam air panas, peras sedikit airnya, lalu usapkan sambil memberikan pijatan kecil pada hidung Si Kecil. 

 

Membuang Cairan Dalam Hidung

Cara mengatasi hidung tersumbat sebelah pada anak saat flu juga bisa dilakukan dengan menyedot lendir yang mengendap menggunakan aspirator. Aspirator sendiri merupakan alat penghisap cairan hidung yang bisa Moms beli di apotek dan aman digunakan untuk anak-anak. 

Baca Juga: Mengatasi Flu Pada Anak, Perlukah Langsung ke Dokter?

 

Minum Obat Flu dan Batuk Khusus Anak

Hidung tersumbat sebelah maupun keduanya biasanya terjadi akibat flu yang juga disertai batuk, baik berdahak maupun tidak berdahak. Untuk mengatasinya, Moms juga bisa memberikan obat flu dan batuk khusus anak-anak yang mengandung PE (Phenylephrine) sebagai dekongestan untuk melegakan hidung tersumbat saat flu. Jika flunya disertai batuk berdahak, redakan dengan obat yang memiliki kandungan Guaifenesin dan Bromhexine, atau jika tidak berdahak bisa memberikan obat yang mengandung DPH (Diphenhydramine) yang bekerja menekan pusat batuk sekaligus sebagai antihistamin untuk meringankan gejala flu seperti demam, sakit kepala, bersin-bersin dan hidung tersumbat. 

Source: Liputan6.com

  BACA JUGA

Cara Meredakan Demam Saat Anak Tumbuh Gigi

Bagaimana cara meredakan demam saat anak tumbuh gigi? Ada dua alasan utama mengapa tumbuh gigi dan infeksi terjadi pada waktu yang sama.

Artikel13/03/2023

Cara Mengatasi Anak Flu Batuk Saat Nafsu Makannya Menurun

Tak hanya terjadi pada orang dewasa, flu dan batuk yang dialami oleh anak-anak juga bisa membuat nafsu makannya menurun. Yuk lihat beberapa cara mengatasi anak flu batuk saat nafsu makannya menurun berikut ini.

Artikel29/11/2022

Bebas Ribet, Ini Dia Cara Alami Mengatasi Anak Flu Batuk yang Bisa Moms Lakukan di Rumah

Flu dan batuk menjadi penyakit yang paling banyak dialami oleh anak-anak. Pengetahuan mengenai cara mengatasi anak flu batuk di rumah secara sederhana dan alami berikut ini tentu sangat diperlukan.

Artikel08/08/2022