ARTIKEL

TIPS MERINGANKAN FLU DAN BATUK PADA ANAK AGAR TETAP NYAMAN BERAKTIVITAS SAAT #DIRUMAHAJA

Thursday, 16 April 2020

SHARE      

Tips Meringankan Flu dan Batuk Pada Anak Agar Tetap Nyaman Beraktivitas Saat #dirumahaja

Di tengah pandemik COVID-19 yang semakin meningkat belakangan ini, penyakit seperti flu dan batuk pada anak tentu menjadi hal yang cukup mengkhawatirkan bagi kebanyakan orang tua. Namun tak perlu khawatir Moms, selama Si Kecil tidak berinteraksi dengan banyak orang dan tetap #dirumahaja selama masa karantina, keluhan flu dan batuk merupakan hal yang wajar terjadi akibat sistem kekebalan tubuh anak yang belum sempurna hingga usianya mencapai tujuh tahun. Singkirkan rasa panik, yuk simak beberapa tips meringankan flu dan batuk pada anak agar mereka tetap nyaman beraktivitas berikut ini.

Menjaga Kelembapan Udara di Rumah

Flu atau influenza merupakan infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan, seperti hidung, tenggorokan, dan paru-paru yang kemunculannya ditandai dengan gejala seperti demam, sakit kepala, batuk, dan rasa sakit pada tenggorokan yang menyebabkan Si Kecil menjadi rewel dan kehilangan nafsu makan. Sama halnya dengan flu, batuk juga banyak menyerang sistem pernapasan anak dan bisa menimbulkan rasa tidak nyaman karena nafas yang terganggu akibat dahak.

Virus ini biasanya muncul salah satunya akibat ruangan yang terlalu lembap, kondisi yang memungkinkan virus dan bakteri untuk berkembang biak dengan pesat. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu menjaga kelembapan udara di rumah, terutama kamar Si Kecil. Caranya adalah dengan membuka jendela agar sirkulasi udara berjalan lancar atau bisa juga dengan memasang difuser, terutama saat perubahan cuaca.

Memastikan Si Kecil Memiliki Waktu Istirahat yang Cukup

Tips meringankan flu dan batuk pada anak selanjutnya adalah memastikan bahwa Si Kecil memiliki waktu istirahat yang cukup setiap harinya, terutama saat sakit. Tidur yang cukup inilah yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada anak dan membantu proses pemulihan agar berjalan lebih cepat. Selain itu, penting juga untuk membatasi waktu bermain pada anak saat mereka sedang sakit ya, Moms.

Mencukupi Kebutuhan Air Minum Si Kecil

Sakit tenggorokan yang terjadi pada saat flu dan batuk disebabkan oleh virus yang menempel pada dinding tenggorokan. Cara mengatasinya adalah dengan memastikan anak selalu minum air putih hangat yang cukup setiap harinya. Tujuannya adalah agar virus tidak dapat berkembang biak dan mendorongnya ke lambung untuk kemudian dikeluarkan melalui kotoran dan keringat. Tak hanya itu, mencukupi kebutuhan air minum saat flu dan batuk juga bisa membantu melegakan tenggorokan akibat dahak yang muncul dan mencegah terjadinya dehidrasi.

Mengajak Anak untuk Rajin Mencuci Tangan

Selain udara yang lembap, virus juga bisa masuk ke dalam tubuh melalui perantara tangan dan mulut. Untuk itu, penting juga untuk mengajak anak agar rajin mencuci tangannya menggunakan sabun di bawah air mengalir dan tidak sembarangan menyentuh wajahnya setelah beraktivitas atau menyentuh berbagai benda untuk mencegah masuknya virus ke dalam tubuh. Pastikan juga untuk memakaikan masker pada Si Kecil saat flu dan batuk agar tidak menular pada anggota keluarga lainnya ya, Moms.

Memberikan Obat Flu dan Batuk Khusus Anak-anak

Selain dengan melakukan beberapa hal di atas, tips meringankan flu dan batuk pada anak selanjutnya adalah dengan memberikan obat flu dan batuk khusus untuk anak-anak seperti bodrexin Flu & Batuk PE untuk meringankan gejala flu yang disertai batuk berdahak atau bodrexin Flu & Batuk Tidak Berdahak PE jika batuk Si Kecil tidak berdahak.

Kandungan Phenylephrine (PE) inilah yang dapat meringankan hidung tersumbat dan aman untuk lambung anak-anak. Tak hanya itu, bodrexin Flu & Batuk PE dan bodrexin Flu & Batuk Tidak Berdahak PE juga hadir dalam kemasan botol sirup rasa jeruk yang disukai anak, sehingga momen minum obat Si Kecil menjadi lebih menyenangkan.

Jangan lupa untuk selalu menyediakan kedua obat flu dan batuk ini dalam persediaan obat di rumah dan selalu membaca cara pemberian obat yang tertera pada kemasan produk sebelum memberikannya pada Si Kecil ya, Moms. Dengan begini, tak perlu lagi merasa panik saat Si Kecil sakit, bukan?

Agar tak ada lagi rasa panik dan bingung selama physical distancing, yuk penuhi kebutuhan kesehatan Si Kecil dengan membeli Paket Anak bodrexin yang tersedia di Blibli Tempo Store Official.

Source: Halodoc

  BACA JUGA

Sebelum Memberikan Obat Batuk Flu Anak, Ketahui Dulu Beberapa Hal Berikut Ini

Memberikan obat batuk flu anak bukanlah hal yang bisa Moms lakukan secara sembarangan. Tak hanya dengan menyesuaikan jenis batuknya, ternyata masih ada beberapa hal penting lainnya yang harus Moms ketahui,

Artikel24/02/2021

Moms, Ini yang Terjadi di Saluran Pernapasan Saat Terjadi Batuk dan Flu pada Anak

Batuk dan flu pada anak bisa dikategorikan ke dalam jenis infeksi saluran pernapasan atas yang disebabkan oleh virus dan bakteri yang masuk dan menempel di saluran pernapasan, seperti hidung dan tenggorokan.

Artikel09/02/2021

Anak Panas karena Batuk Pilek, Wajar atau Tidak, Ya?

tak perlu panik berlebihan Moms, karena umumnya demam ini adalah hal yang wajar terjadi sebagai respon tubuh saat melawan virus yang masuk ke dalam tubuh saat anak mengalami flu dan batuk.

Artikel02/02/2021