ARTIKEL

TIPS MENGATASI ANAK DEMAM SAAT MUDIK LEBARAN

Friday, 29 April 2022

SHARE      

Tips Mengatasi Anak Demam Saat Mudik Lebaran

Perjalanan mudik lebaran ke kampung halaman tentu menjadi hal yang sangat menyenangkan bagi setiap keluarga. Namun, biasanya faktor lamanya waktu tempuh dan kondisi AC kendaraan yang cukup dingin terkadang menyebabkan anak demam di tengah perjalanan. Jika sudah begini, segera lakukan beberapa hal berikut ini ya, Moms.

 

1. Buat anak merasa nyaman

Saat anak demam di tengah perjalanan, sebaiknya tidak perlu khawatir berlebihan. Cobalah untuk mengatur suhu ruangan atau kendaraan agar tidak terlalu dingin. Moms juga bisa sesekali membuka jendela mobil agar sirkulasi udaranya lebih lancar dan anak bisa menjadi lebih nyaman. Posisikan jok mobil dalam mode berbaring, sehingga anak bisa istirahat dengan lebih nyaman dan leluasa. Rasa nyaman inilah yang nantinya bisa membantu agar proses pemulihan demamnya berjalan lebih cepat.

 

2. Perbanyak minum air mineral

Saat suhu tubuh anak meningkat dalam perjalanan mudik, cobalah untuk memperbanyak asupan air mineral pada anak. Tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh yang menyebabkan anak demam. Tak perlu langsung memberikannya air mineral dalam jumlah banyak sekaligus, Moms bisa memberikan air dalam jumlah sedikit namun sering.

 

3. Berikan pakaian yang nyaman

Alih-alih memberikannya pakaian dan jaket yang tebal, atasi anak demam dengan memakaikan pakaian yang nyaman dengan bahan yang tipis dan bisa menyerap keringat. Dengan begini, panas tubuhnya tidak terjebak dan demam bisa perlahan mereda.

 

4. Menepi sejenak dan kompres anak menggunakan air hangat

Jika memungkinkan, menepilah sejenak dan kompres Si Kecil menggunakan kain yang dibasahi dengan air hangat di beberapa bagian tubuh seperti dahi, lipatan ketiak, dan lipatan paha. Meski tidak langsung menghilangkan demamnya, namun setidaknya cara yang satu ini ampuh untuk menurunkan suhu tubuhnya secara perlahan.

 

Selain beberapa cara di atas, Moms juga bisa mengatasi anak demam dengan cara memberikannya obat demam anak dengan kandungan Paracetamol yang bisa bekerja lebih ekstra untuk meredakan demam anak. Tak hanya itu saja, pastikan untuk memberikan obat yang sesuai dengan usianya ya, Moms. Dengan begini, proses pemulihannya bisa berlangsung lebih cepat dan Si Kecil bisa melanjutkan perjalanan mudik dengan lebih nyaman, deh!

 

  BACA JUGA