ARTIKEL

SEKOLAH DIMULAI, CARA MENCEGAH FLU DAN BATUK PENTING UNTUK MOMS PAHAMI

Wednesday, 24 November 2021

SHARE      

Sekolah Dimulai, Cara Mencegah Flu dan Batuk Penting untuk Moms Pahami

Tak hanya orang dewasa yang mulai kembali beraktivitas normal seperti biasa saat pandemi, saat ini kegiatan sekolah tatap muka pun kembali dilaksanakan. Meski terasa menyenangkan bagi anak-anak karena bisa kembali bertemu dengan teman-temannya, namun kondisi ini justru menimbulkan kecemasan di pihak orang tua, dan mungkin Moms salah satunya, bukan?

 

Cara Mencegah Flu dan Batuk Pada Anak Saat Kembali Sekolah

 

Well, agar Moms tidak panik berlebihan dan Si Kecil dapat belajar dengan nyaman, cara mencegah flu dan batuk berikut ini penting untuk dipahami agar anak tetap sehat saat kembali bersekolah.

 

Menerapkan Protokol Kesehatan dengan Baik

Langkah pertama yang pasti dan harus Moms lakukan saat anak kembali bersekolah tatap muka adalah dengan memastikan anak menerapkan protokol kesehatan dengan baik, seperti:

  • Menggunakan masker medis dilapisi masker kain selama pembelajaran dan berinteraksi dengan teman atau guru serta mengganti masker medis setiap empat jam sekali.
  • Memberikan pemahaman pada anak agar tidak berkerumun dan tetap menjaga jarak saat sedang waktu istirahat.
  • Tidak berbagi makanan atau minuman dengan orang lain.
  • Mengingatkan anak untuk rajin cuci tangan menggunakan sabun dan membilasnya menggunakan air bersih.
  • Melengkapi hygene kit anak, mulai dari tisu kering, tisu basah, hand sanitizer, dan masker medis cadangan.
  • Mengajak anak untuk mandi dan membersihkan badan serta mengganti pakaian segera setelah mereka pulang sekolah.

  

Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Anak

Agar dapat mengawali hari dengan lebih bersemangat dan imun tubuhnya dalam kondisi baik, pastikan untuk tidak melewatkan sarapan bagi Si Kecil ya, Moms. Tak perlu makanan berat, Moms bisa memberikan makanan yang mengandung protein tinggi, seperti telur rebus, roti, sereal, atau oatmeal. Dengan begini, daya tahan tubuh anak dapat terjaga dengan baik, sehingga anak tak mudah terserang penyakit, deh.

 

Membawakan Bekal dari Rumah

Untuk mencegah anak jajan sembarangan saat kembali bersekolah yang belum tentu terjamin kebersihannya, ada baiknya untuk membawakan bekal makanan favoritnya selama sekolah. Moms bisa memberikan aneka macam sayuran, sumber protein, dan juga buah-buahan segar favoritnya, seperti jeruk, anggur, pepaya, pisang, atau semangka. Tak hanya segar dan nikmat, kandungan vitaminnya juga sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh Si Kecil.

 

Memberikan Vitamin

Tak cukup hanya dengan memenuhi kebutuhan gizi dari makanan saja, Moms juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin anak dengan suplemen tambahan seperti vitamin C dan vitamin D untuk menjaga daya tahan tubuhnya. Sangat penting untuk dilakukan selama pandemi dan Si Kecil kembali ke sekolah nih, Moms!

 

Melengkapi Persediaan Obat-obatan di Rumah

Cara mencegah flu dan batuk pada anak saat kembali ke sekolah adalah dengan melengkapi kebutuhan obat di rumah, seperti:

  • Paracetamol untuk menurunkan demam.
  • Obat batuk yang mengandung Guaifenesin dan Bromhexine yang bekerja dalam mengencerkan dahak dan mengeluarkan dahak dan Phenylephrine (PE) bekerja secara efektif untuk membantu melegakan pernapasan dan tenggorokan. 

 

Agar anak bersemangat untuk minum obat jika suatu saat mereka sakit, pastikan juga untuk memberikan obat dengan rasa yang disukai anak-anak ya, Moms.

Artikel Lainnya: BEDA BATUK PADA ANAK, BEDA PULA PENYEBABNYA. CARI TAHU YUK, MOMS!

  BACA JUGA

Beda Batuk Pada Anak, Beda Pula Penyebabnya. Cari Tahu Yuk, Moms!

Ada dua jenis batuk yang sering dialami oleh anak, yaitu batuk kering dan batuk tidak berdahak. Nah, tahukah Moms bahwa beda penyebab dan cara mengatasinya lho, Moms. Cari tahu, yuk!

Artikel14/11/2021

Cara Meredakan Batuk Anak Saat Tidur

Saat anak mengalami batuk, tidurnya pun akan terganggu. Lalu, bagaimana ya cara meredakan batuk pada anak saat tidur agar ia bisa beristirahat dengan lebih nyenyak?

Artikel07/11/2021

Obat Herbal untuk Obat Batuk Anak, Kapan Harus Meminumnya?

Kebanyakan orangtua memilih untuk memberikan obat herbal batuk anak yang mengandung bahan alami untuk meredakan batuk. Namun, kapan sebaiknya anak harus meminumnya?

Artikel27/10/2021