ARTIKEL

MOMS! INI DIA CARA MUDAH UNTUK MENCEGAH PENULARAN VIRUS CORONA

Wednesday, 04 March 2020

SHARE      

Moms! Ini Dia Cara Mudah Untuk Mencegah Penularan Virus Corona

Moms, di awal tahun 2020 ini, kita dikejutkan oleh maraknya pemberitaan mengenai wabah virus Corona yang  menyebar di Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok. Virus yang diduga penyebaran awalnya melalui  konsumsi daging hewan liar ini dengan cepat menyebar bahkan tercatat sudah masuk ke lebih dari 12 negara lain diantaranya AS, Jepang, Perancis, Australia, Kanada, dan baru-baru ini diberitakan bahwa sudah ada WNI yang positif tertular virus Corona.

Penyebaran virus Corona yang terbilang cepat dan masif ini pada akhirnya menimbulkan ketakutan bukan hanya untuk warga Tiongkok tetapi juga warga negara lainnya, termasuk Indonesia. Bahkan, wabah Corona juga disamakan dengan wabah virus mematikan lainnya seperti SARS dan MERS yang pernah menyebar beberapa tahun silam.

Gejala klinis virus Corona sebenarnya hampir menyerupai gejala penyakit yang umum terjadi seperti demam, batuk, pilek, gangguan penapasan, sakit tenggorokan, letih, dan lesu. Namun ternyata jika tidak ditangani dengan baik, virus ini dapat menyebabkan kematian. Saat ini obat maupun vaksin pencegahan virus Corona juga belum tersedia dan masih dalam tahap penelitian, sehingga situasi saat ini memang harus diwaspadai, terutama pada anak-anak. Cara terbaik untuk menghadapi virus Corona & virus lainnya, adalah dengan melakukan pencegahan. Caranya ternyata bisa diwujudkan dengan perilaku hidup sehat yang kita lakukan dan ajarkan pada anak sehari-hari. Kira-kira apa saja, ya?

  1. Sering mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun sabun selama 20 detik* atau menggunakan hand sanitizer dengan alcohol >60% sebelum dan sesudah beraktivitas. Apalagi jika Moms dan Si Kecil berada di tempat-tempat umum seperti sarana transportasi publik, mall, atau restoran.
  2. Tutup hidung dan mulut saat batuk dan bersin. Hentikan penyebaran virus penyakit apapun dengan menutup hidung dan mulut menggunakan siku bagian dalam—bukan telapak tangan.
  3. Gunakan masker. Hindari kontak langsung dengan orang yang memiliki gejala batuk dan flu.
  4. Masak daging dan telur hingga matang sempurna untuk mencegah penularan virus dari hewan.
  5. Jaga daya tahan tubuh dengan makan makanan bergizi, berolahraga, dan cukup istirahat. Bila perlu, perbanyak konsumsi vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan untuk membantu melawan radikal bebas dan meningkatkan daya tahan tubuh.
  6. Tidak mengajak Si Kecil ke tempat yang terlalu ramai dan banyak terdapat orang sakit, seperti rumah sakit atau rumah kerabat yang sakit.
  7. Periksakan pada dokter saat Si Kecil mengalami demam, flu, maupun batuk agar anak bisa mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Bentuk pencegahan lainnya adalah dengan melengkapi persediaan obat di rumah dengan rangkaian produk bodrexin, seperti  bodrexin Pilek Alergi PE untuk meringankan pilek alergi dan bersin-bersin, bodrexin Demam Sirup membantu menurunkan panas demam, meredakan rasa nyeri dan demam setelah imunisasi, dan juga meredakan sakit kepala serta sakit gigi. Lalu ada pula bodrexin Flu & Batuk PE untuk meringankan gejala flu seperti demam, sakit kepala, bersin-bersin, serta hidung tersumbat yang disertai batuk berdahak, dan tak boleh ketinggalan juga bodrexin Flu & Batuk Tidak Berdahak PE untuk meringankan gejala flu yang disertai batuk tidak berdahak.

So, pastikan Si Kecil istirahat cukup dan segera berikan bodrexin pada anak saat flu, batuk, dan demam melanda agar tidak semakin parah ya, Moms.

Yuk, lindungi buah hati dengan paket anak-anak dari bodrexin dengan lebih mudah dan cepat saat physical distancing dengan membelinya di Blibli sekarang juga, Moms!

Menurut PDPI (Persatuan Dokter Paru Indonesia) mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun selama 20 detik merupakan salah satu cara mencegah penularan COVID-19.

  BACA JUGA

Sebelum Memberikan Obat Batuk Flu Anak, Ketahui Dulu Beberapa Hal Berikut Ini

Memberikan obat batuk flu anak bukanlah hal yang bisa Moms lakukan secara sembarangan. Tak hanya dengan menyesuaikan jenis batuknya, ternyata masih ada beberapa hal penting lainnya yang harus Moms ketahui,

Artikel24/02/2021

Moms, Ini yang Terjadi di Saluran Pernapasan Saat Terjadi Batuk dan Flu pada Anak

Batuk dan flu pada anak bisa dikategorikan ke dalam jenis infeksi saluran pernapasan atas yang disebabkan oleh virus dan bakteri yang masuk dan menempel di saluran pernapasan, seperti hidung dan tenggorokan.

Artikel09/02/2021

Anak Panas karena Batuk Pilek, Wajar atau Tidak, Ya?

tak perlu panik berlebihan Moms, karena umumnya demam ini adalah hal yang wajar terjadi sebagai respon tubuh saat melawan virus yang masuk ke dalam tubuh saat anak mengalami flu dan batuk.

Artikel02/02/2021