ARTIKEL

DEHIDRASI BIKIN ANAK DEMAM, BENARKAH?

Monday, 13 August 2018

SHARE      

Dehidrasi Bikin Anak Demam, Benarkah?

Buah Hati seringkali mengalami demam? Sebenarnya, demam tak selalu berarti ia benar-benar sakit. Demam bisa saja muncul pasca imunisasi, berkeringat terlalu banyak, akan tumbuh gigi, dan sebab lainnya. Namun yang pasti, saat si Buah Hati sedang mengalami demam, coba perhatikan asupan cairan yang masuk ke tubuhnya. Sebab, kondisi kekurangan cairan atau dehidrasi dapat membuat demam yang dialami anak semakin parah.

Saat tubuh kekurangan cairan, maka secara otomatis suhu tubuh akan meningkat. Hal ini disebabkan tubuh kesulitan mengatur metabolisme dan kesulitan mengatur suhu tubuh. Jika suhu tubuh semakin meningkat, maka terjadilah demam. Sedangkan bagi yang sebelumnya memang sedang mengalami demam, lalu tidak memenuhi kebutuhan cairan dengan memperbanyak minum, maka dehidrasi juga bisa terjadi. Inilah yang akhirnya memperparah kondisi demam Buah Hati dan membuat suhu tubuhnya tidak kunjung turun.

Jadi dehidrasi dan demam memang saling berkaitan satu sama lain. Oleh karena itu penting bagi Moms untuk selalu memastikan kebutuhan cairan Buah Hati tercukupi, khususnya saat demam. Jika Buah Hati tidak bisa minum dalam jumlah banyak sekaligus, Moms bisa menawarinya minum lebih sering, memberikan jus buah, ataupun makanan berkuah seperti sup dan soto.

Ketika Buah Hati demam, Moms juga bisa memakaikannya pakaian yang nyaman dan tidak terlalu tebal. Hal ini berguna untuk menjaga suhu tubuh Buah Hati tetap stabil. Saat memakai baju yang tebal atau berlapis, Buah Hati justru akan berkeringat secara berlebihan dan hal ini juga dapat memicu dehidrasi sehingga demam bertambah parah.

Selain menjaga agar kebutuhan cairan terpenuhi, berikan obat penurun panas demam seperti bodrexin sebagai pertolongan pertama. Moms bisa memberinya bodrexin Tablet dengan rasa jeruk manis ini sudah dikenal dan dipercaya dari generasi ke generasi untuk menurunkan panas demam, meredakan rasa nyeri dan demam setelah imunisasi. Moms juga bisa memberikannya bodrexin Demam Sirup yang mengandung Paracetamol, aman dan efektif menurunkan panas demam Buah Hati. bodrexin, dunianya cerah kembali.

  BACA JUGA

Tanda Demam Pada Anak Mulai Berbahaya dan Perlu Dibawa ke Dokter

Anak demam belum pulih dalam kurun waktu kurang dari satu minggu, Moms perlu waspada jika anak juga mengalami beberapa gejala penyerta berikut ini.

Artikel19/08/2021

Demam Pada Anak Tak Kunjung Turun, Perhatikan Juga Gejala Penyertanya Ya, Moms!

Demam bisa jadi menandakan kalau Si Kecil mengalami kondisi kesehatan tertentu. Untuk mengetahuinya, simak gejala penyerta untuk mengetahui kemungkinan penyakit yang ia derita berikut ini ya, Moms!

Artikel13/08/2021

Tak Perlu Panik, Intip Cara Mengatasi Anak Demam Setelah Vaksin Berikut Ini

Ini dia cara mengatasi anak demam setelah vaksin tentu menjadi hal penting yang wajib Moms ketahui agar dapat membantu meredakan demam anak dan juga menghilangkan rasa panik

Artikel05/08/2021