ARTIKEL

CARA SERU MENJELASKAN KANDUNGAN OBAT BATUK HERBAL UNTUK ANAK

Tuesday, 09 June 2020

Cara Seru Menjelaskan Kandungan Obat Batuk Herbal untuk Anak

Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik bagi anak-anaknya, termasuk dalam hal memilih obat saat Si Kecil mengalami sakit batuk yang cukup mengganggu aktivitasnya. Nah, pertimbangan pertama yang mesti Bunda perhatikan adalah mengenai bahan yang terkandung di dalam obat batuk anak. Pastikan bahwa kandungannya aman untuk dikonsumsi dan tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan, seperti obat batuk herbal untuk anak yang mengandung beberapa bahan alami berikut ini.

Jahe

Obat batuk herbal untuk anak biasanya mengandung bahan utama jahe. Jahe sendiri memiliki kandungan minyak esensial, antioksidan, gingerol, zingerone, dan shogaol sebagai senyawa yang berperan meningkatkan kekebalan tubuh. Ditambah lagi, jahe juga mengandung oleoresin, senyawa yang dikenal sebagai antitusif yang berfungsi mengurangi sakit tenggorokan dan juga meredakan batuk. Biasanya jahe banyak digunakan untuk mengobati batuk dengan cara direbus hingga mendidih, kemudian air rebusannya diminum dengan tambahan beberapa bahan lain seperti madu dan jeruk nipis.

Madu

Sama halnya dengan jahe, madu juga memiliki antioksidan sebagai perlawanan terhadap beberapa penyakit, salah satunya adalah batuk. Menurut artikel yang dilansir dari laman online Kompas.com, sebuah penelitian menyebutkan bahwa memberikan madu pada anak usia dua tahun ke atas 30 menit sebelum tidur bisa membantu meredakan batuk dan membuat tidurnya menjadi lebih nyaman. Rasa manis yang dimiliki oleh madu juga pasti disukai oleh anak-anak.

Daun Thymi

Selanjutnya ada thymi herba sebagai obat batuk herbal untuk anak. Seperti yang dilansir dari sebuah artikel dalam laman online Healthline.com, tanaman yang satu ini tak hanya digunakan untuk bahan masakan tetapi juga untuk mengobati penyakit yang berhubungan dengan gangguan pernapasan, salah satunya adalah batuk. Hal ini dikarenakan daun thymi mengandung senyawa aktif flavonoid yang serupa dengan antioksidan dan juga kandungan timol yang berfungsi sebagai ekspektoran untuk melegakan tenggorokan saat batuk melanda.

Bagaimana membujuk anak agar mau minum obat herbal?

Selama ini obat batuk herbal identik dengan rasa pahit yang dimilikinya, sehingga anak-anak akan cukup kesulitan untuk meminumnya. Namun tak perlu bingung, Bunda bisa membujuk Si Kecil agar mau mengonsumsi obat herbal batuk untuk anak dengan cara mengenalkan masing-masing kandungannya dengan cara yang menyenangkan, seperti:

  • Story telling atau menjelaskannya melalui cerita, baik dengan cara mengarang sendiri atau membaca buku. Di sini bunda bisa menjadikan bahan alami seperti jahe, thymi, dan madu sebagai sosok pahlawan yang melawan virus batuk sebagai monster jahatnya. Dukung cerita Bunda dengan ekspresi, gerak tubuh, dan suara semenarik mungkin agar anak juga mengerti akan manfaat bahan alami ini dalam mengobati batuk.
  • Ajak anak untuk menonton video yang menjelaskan soal khasiat bahan alami, tentunya video dengan gaya penyampaian yang sederhana dan mudah dipahami oleh anak-anak. Pastikan juga untuk memberi batasan dalam menggunakan gadget pada Si Kecil setiap harinya ya, Bunda.
  • Bunda juga bisa mengajak Si Kecil untuk menggambar dan mewarnai bentuk kandungan herbal alami ini sembari menjelaskan manfaat yang dimilikinya.
  • Berikan obat batuk herbal untuk anak yang mengandung rasa manis seperti bodrexin Herbal Batuk. Tak hanya mengandung madu yang disukai oleh anak-anak, obat herbal ini juga memiliki kandungan jahe, thymi herba, dan empat bahan alami lainnya untuk meredakan batuk yang diderita oleh Si Kecil.

 

Hadir sebagai satu-satunya obat batuk herbal untuk anak usia dua tahun ke atas dalam kemasan sachet menjadikan bodrexin Herbal Batuk sebagai pilihan tepat dan aman untuk melengkapi persediaan obat di rumah yang bisa dibeli secara online di Tempo Official Store melalui E-commerce kesayangan seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, dan Lazada.

  BACA JUGA

Nafas Anak Pendek Saat Batuk, Kapan Perlu Waspada?

Batuk pada anak seringkali merupakan respons alami tubuh terhadap iritasi atau infeksi saluran pernapasan. Perlu diwaspadai jika anak mengalami nafas pendek dan cepat saat batuk.

Artikel14/02/2024

Anak Lemas Saat Demam, Ini Tips Memulihkan Energinya!

Demam pada anak seringkali diiringi oleh gejala lemas, kelelahan, dan kehilangan nafsu makan. Dengan perawatan yang tepat, kita dapat membantu anak pulih lebih cepat dan mengembalikan energinya.

Artikel07/02/2024

Tips Menyimpan Obat Flu Batuk Berbentuk Dry Syrup

Penyimpanan obat flu batuk berbentuk dry syrup yang tepat sangat penting untuk mencegah obat dari kerusakan serta membantu mencegah kontaminasi dan memperpanjang masa kedaluwarsa obat.

Artikel24/01/2024