ARTIKEL

CARA MENGHINDARI GIGITAN NYAMUK PENYEBAR PENYAKIT

Thursday, 20 July 2017

SHARE      

Cara Menghindari Gigitan Nyamuk Penyebar Penyakit

Tinggal di negara beriklim tropis, membuat kita harus ekstra hati-hati dengan nyamuk. Tak lain karena nyamuk seringkali menjadi penyebar penyakit yang bisa mewabah. Contohnya Demam Berdarah Dengue, Malaria, Chikungunya, dan penyakit lain yang berbahaya bagi si Buah Hati. Untuk mencegah gigitan nyamuk secara alami, tanpa bergantung pada pembasmi nyamuk yang berisiko toksik untuk Buah Hati, Moms bisa mengikuti tips berikut ini :

  • Hindari genangan air
    Air yang tergenang bisa menjadi tempat nyamuk bertelur. Baik itu air yang masih bersih, ataupun air yang sudah kotor. Jadi sebisa mungkin alirkan air dari genangan tersebut. Jika air tersimpan di wadah terbuka seperti gentong atau kolam, seringlah mengecek apakah ada jentik nyamuknya. Jika ya, bersiaplah untuk menebarkan bubuk abate dan melakukan fogging di lingkungan rumah Anda. Jika sedang berjalan di luar rumah bersama Buah Hati, lebih baik hindari daerah yang banyak genangan airnya. Ingat, lebih baik mencegah daripada mengobati!
     
  • Menanam serai
    Serai atau sereh adalah salah satu tanaman yang aromanya dibenci oleh nyamuk. Dengan meletakkan pot pohon sereh di dalam rumah Anda, nyamuk pasti akan berkurang. Agar aroma tanaman sereh bisa tersebar di penjuru rumah, letakkan di area teras atau bagian rumah yang ventilasinya bagus. Anda bisa juga mengganti serai dengan alternatif tanaman pengusir nyamuk yang lain seperti lavender, geranium, atau rosemary.
     
  • Kenakan pakaian berwarna terang
    Menurut penelitian, ternyata nyamuk lebih tertarik untuk mendekati orang berbaju warna gelap. Untuk mencegahnya, pakailah baju berwarna terang. Dengan warna yang terang nyamuk juga lebih mudah terlihat sehingga lebih mudah Anda basmi.
     
  • Manfaatkan minyak lavender
    Bunga lavender mengandung zat linalool dan lynalyl acetate yang bisa mengusir nyamuk. Oleh karena itu Anda bisa mengoleskan atau menyemprot essential oil atau minyak bunga lavender di kamar atau di sekitar tempat tidur Anda dan si Buah Hati!
     
  • Nyalakan kipas angin
    Jika nyamuk di rumah sedang banyak beterbangan, Anda bisa coba menghalaunya dengan kipas angin yang hembusannya diarahkan ke lantai. Dengan diterpa angin ini, nyamuk jadi sulit terbang di sekitar kaki kita serta jadi lebih mudah ‘diburu’, karena terbangnya setinggi pandangan mata kita. 
     
  • Pakai Kelambu
    Untuk melindungi keluarga dari gigitan nyamuk di malam hari, pasanglah kelambu mengelilingi tempat tidur Anda dan Buah Hati. Namun jangan lupa mencuci dan membersihkannya secara berkala ya agar tidak malah berdebu dan kotor.
  BACA JUGA

Penting Diketahui! Aturan Memberikan Obat Flu & Batuk Pada Anak

Selain mencukupi kebutuhan nutrisi dan istirahat pada anak, cara lain yang bisa kita lakukan untuk meredakan flu dan batuk yang dialami oleh Si Kecil adalah dengan memberikannya obat.

Artikel27/06/2022

Penyebab Anak Batuk Pilek Terjadi Berulang, Alergi atau Virus Ya?

Tak hanya disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri, batuk pada anak juga bisa terjadi sebagai tanda alergi. Lalu, bagaimana membedakannya?

Artikel17/05/2022

Batuk Pada Anak Terjadi Lebih dari Satu Minggu, Berbahayakah?

Batuk pada anak menjadi salah satu kondisi kesehatan yang sangat dikhawatirkan oleh sebagian besar orang tua. Apa yang harus Moms lakukan?

Artikel09/05/2022