ARTIKEL

PENYEBAB "STEP" ALIAS KEJANG SAAT ANAK DEMAM DAN CARA PENANGANANNYA

Monday, 30 April 2018

SHARE      

Sebagai orang tua, wajar jika Moms cemas saat Buah Hati mengalami demam tinggi dan tiba-tiba step alias kejang. Moms harus bisa menghadapinya dengan tenang,  karena tak semua jenis kejang demam itu berbahaya. Perlu dipahami bahwa ada jenis kejang yang ternyata tidak perlu terlalu dicemaskan orangtua. Seperti disampaikan oleh Dr Aditya Suryansyah Sp.A dari laman health.detik.com, Buah Hati yang mengalami kejang demam sederhana biasanya tidak terkena efek samping apapun. Asalkan kejang demam  ini hanya terjadi secara singkat (tak lebih dari 15 menit) di mana setelahnya Buah Hati langsung sadar tanpa ada perubahan yang nampak membahayakan.

Apa penyebab timbulnya kejang demam alias step ini?

Step sendiri merupakan istilah yang berasal dari bahasa Belanda stuip yang artinya kejang. Seperti yang dilansir dari Alodokter, kondisi kejang di mana otot-otot tubuh berkontraksi tanpa kendali ini dapat terjadi akibat adanya gangguan pada listrik yang dialirkan dari syaraf otak ke syaraf otot tubuh. Hal ini bisa dipicu demam tinggi di atas 38o derajat Celcius. Kejang memiliki ciri-ciri mata yang terlihat membelalak atau bahkan berputar ke atas, tubuh yang mengejang dan tangan yang kaku, terlihat seperti tidak sadar, bisa juga giginya terdengar gemeletuk seperti beradu maupun tiba-tiba mengeluarkan cairan dari mulut.

Ketahui cara menanggulanginya

  1. Perlahan baringkan si Buah Hati dan longgarkan bajunya.
  2. Miringkan kepalanya agar jalan napas tidak terhalang oleh muntahannya.
  3. Jangan masukkan sendok atau jari ke dalam mulut anak sebagai upaya menghindarkan lidahnya tergigit. Hal ini sudah tidak direkomendasikan lagi karena efek negatifnya akan lebih banyak dibanding lidah yang tergigit dan berdarah, seperti kerusakan gigi dan rongga mulut. Parahnya lagi hal ini bahkan bisa menghalangi pertukaran udara, sehingga pernapasan terganggu.
  4. Segera berikan obat penghenti kejang melalui rectum (anus).
  5. Pada anak yang sudah bisa bicara, tanyakan pertanyaan sederhana. Jika sudah bisa dijawab dengan benar maka ini artinya ia sudah sadar tanpa ada masalah.
  6. Bawa anak ke dokter untuk penanganan lanjutan.

Untuk menghindari hal ini, Moms perlu memperhatikan suhu Buah Hati saat panas demam. Catat suhunya dari waktu ke waktu dan jangan biarkan suhunya naik tinggi tanpa diberikan obat penurun panas demam. Obat panas demam seperti bodrexin Demam Sirup yang mengandung Paracetamol, aman bagi lambung Buah Hati dan dapat membantu menurunkan suhu tubuhnya.

  BACA JUGA

Perkembangan Motorik Halus Anak 4 Tahun

Bodrexin

Artikel14/10/2014

Perkembangan Bermain Usia 2-3 Tahun

Bodrexin

Artikel14/10/2014

Agar Si Kecil Lebih Pandai Bicara

Bodrexin

Artikel14/10/2014