ARTIKEL

ANAK MENDADAK DEMAM, BOLEHKAH LANGSUNG MINUM OBAT?

Friday, 28 June 2019

Anak Mendadak Demam, Bolehkah Langsung Minum Obat?

Demam pada anak merupakan salah satu penyakit yang paling umum dialami Si Kecil. Kebanyakan orangtua akan langsung panik ketika suhu tubuh Si Kecil tinggi. Padahal, demam juga bisa jadi pertanda yang bagus, lho.

Tubuh Si Kecil demam, bisa jadi pertanda bahwa sistem imunnya sedang bekerja melawan infeksi virus, bakteri, jamur, ataupun zat asing lainnya yang masuk ke dalam tubuhnya. Jadi, bisa dikatakan bahwa demam merupakan proses pertahanan diri yang dilakukan Si Kecil.

Umumnya, demam pada anak disebabkan oleh adanya infeksi virus ringan, seperti flu atau pilek yang bisa membaik dalam beberapa hari. Berikut beberapa hal yang biasanya menjadi penyebab demam tinggi pada anak:

  • Infeksi
    Demam merupakan tanda bahwa sistem kekebalan tubuh anak sedang melawan infeksi. Nah, infeksi yang sering menjadi penyebab anak mengalami demam tinggi adalah infeksi bakteri dan virus. Berbagai penyakit infeksi yang bisa menyebabkan demam tinggi pada anak, di antaranya flu, radang amandel, roseola, infeksi saluran pernapasan atas (ISPA), infeksi telinga, infeksi ginjal, infeksi saluran kemih (ISK), cacar air, dan batuk rejan.
  • Efek Imunisasi
    Sebagian bayi dan anak bisa mengalami demam setelah imunisasi. Biasanya, demam yang muncul tergolong ringan. Tanyakanlah ke dokter yang memberikan imunisasi mengenai pengobatan yang bisa diberikan bila anak demam setelah imunisasi.
  • Pakaian dan Suhu Udara
    Selain infeksi, pakaian yang terlalu tebal atau suhu udara yang terlalu panas juga bisa menyebabkan anak demam. Kondisi ini biasanya dialami oleh bayi yang baru lahir. Jadi, ibu dianjurkan untuk memakaikan bayi pakaian tebal hanya di saat suhu udara sedang dingin saja.

Cara Menangani Demam pada Anak

Jadi, ibu sebaiknya tidak langsung memberikan anak obat begitu ia demam. Kondisi demam justru bermanfaat bagi tubuh anak karena dengan meningkatnya suhu tubuh, kuman penyebab infeksi yang ada di dalam tubuh anak akan sulit untuk bertahan hidup.

Bila suhu tubuh Si Kecil belum mencapai 38 derajat Celsius, demam masih tergolong ringan dan belum perlu diobati. Hal ini karena demam ringan dianggap sebagai upaya tubuh untuk menghalau infeksi virus dan bakteri yang tidak bisa hidup pada suhu panas.

Berikut beberapa hal yang bisa ibu coba lakukan terlebih dahulu untuk menurunkan demam pada anak:

  • Pastikan suhu ruangan cukup sejuk agar anak merasa nyaman.
  • Selimuti anak dengan kain yang tipis dan buka jendela agar udara dapat mengalir lancar dan suhu ruangan terasa lebih sejuk.
  • Kompres dahi anak dengan handuk kecil yang dibasahi air hangat. Sebaiknya, jangan gunakan kompres dingin, karena bisa meningkatkan suhu tubuh dan membuat anak menggigil.

Namun, bila demam anak mencapai lebih dari 38 derajat Celsius atau demam tidak kunjung membaik setelah tiga hari, sebaiknya segera bawa anak ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Untuk membantu meredakan demam anak, ibu juga bisa memberikan bodrexin Demam pada Si Kecil. bodrexin Demam hadir dalam dua varian, yaitu sirup dan tablet. Jadi, untuk bayi yang berusia di bawah 2 tahun, ibu bisa memberikan bodrexin Demam Sirup. Sedangkan bagi anak-anak berusia 2 tahun ke atas yang sudah bisa mengunyah dengan baik, ibu bisa berikan bodrexin Tablet. bodrexin Demam sudah dikenal dan dipercaya sebagai obat yang ampuh menurunkan panas demam, meredakan rasa nyeri dan demam setelah imunisasi. Selain itu, bodrexin Demam juga memiliki rasa jeruk disukai anak-anak.

  BACA JUGA

Cara Meredakan Demam Saat Anak Tumbuh Gigi

Bagaimana cara meredakan demam saat anak tumbuh gigi? Ada dua alasan utama mengapa tumbuh gigi dan infeksi terjadi pada waktu yang sama.

Artikel13/03/2023

Cara Mengatasi Anak Flu Batuk Saat Nafsu Makannya Menurun

Tak hanya terjadi pada orang dewasa, flu dan batuk yang dialami oleh anak-anak juga bisa membuat nafsu makannya menurun. Yuk lihat beberapa cara mengatasi anak flu batuk saat nafsu makannya menurun berikut ini.

Artikel29/11/2022

Bebas Ribet, Ini Dia Cara Alami Mengatasi Anak Flu Batuk yang Bisa Moms Lakukan di Rumah

Flu dan batuk menjadi penyakit yang paling banyak dialami oleh anak-anak. Pengetahuan mengenai cara mengatasi anak flu batuk di rumah secara sederhana dan alami berikut ini tentu sangat diperlukan.

Artikel08/08/2022