ARTIKEL

TAHAP GEJALA BATUK DAN PILEK PADA ANAK

Monday, 19 February 2018

SHARE      

Tahap Gejala Batuk dan Pilek Pada Anak

Apakah Moms pernah kesulitan menebak jika Buah Hati terkena flu tanpa batuk ataukah hanya flu disertai batuk? Kedua jenis penyakit saluran napas ini memang memiliki gejala yang serupa. Untuk gejala flu & batuk, biasanya hanya dirasakan sekitar satu minggu, dan dapat diidentifikasi dari tahapan berikut ini:

Tahap pertama (Hari 1-2) : Kelelahan, bersin, tenggorokan sakit atau gatal
Buah Hati yang kelelahan bisa ditandai dengan perubahan perilaku seperti menjadi agak lebih rewel dan tidak selincah biasanya. Ini karena tubuhnya sedang berjuang melawan kuman penyebab flu & batuk. Selain itu jika ia menolak makan, mungkin disebabkan tenggorokannya yang mulai terasa sakit atau gatal. Pastikan Buah Hati beristirahat dengan maksimal agar tak kelelahan dan memperburuk gejala ini.

Tahap kedua (Hari 3-5): Hidung tersumbat dan batuk
Setelah gejala bersin dan sakit tenggorokan, 3 hari kemudian biasanya akan diikuti dengan hidung meler atau tersumbat sebagai reaksi imun, di mana saluran napas akan memproduksi lendir berlebih dengan warna kuning atau kehijauan. Setelah bersin dan sakit tenggorokan mereda, kemudian akan timbul batuk akibat akumulasi lendir di belakang hidung dan tenggorokan.

Tahap ketiga (Hari 6-7): Gejala mereda
Jika Buah Hati cukup istirahat dan cukup gizinya, ia akan mampu sembuh dari flu & batuk ini tanpa perawatan intensif. Cukup diberi obat seperti bodrexin Flu & Batuk PE, yang mengandung Phenylephrine yang berfungsi sebagai dekongestan pembasmi lendir berlebih dan melegakan hidung tersumbat. Meskipun demikian, pada beberapa kasus gejala flu & batuk bisa bertahan atau bahkan lebih parah. Jika selepas satu minggu tak kunjung membaik, segeralah berkonsultasi ke dokter ya Moms.

  BACA JUGA

Lupakan Rasa Panik, Ini Dia Pertolongan Pertama untuk Anak Demam

Pada tubuh manusia, demam terjadi sebagai reaksi alamiah tubuh dalam merespon dan melawan virus serta bakteri yang masuk. Dalam kondisi ini, saraf otak mengirimkan pesan untuk menaikkan suhu tubuh sebagai pertanda bahwa sel-sel darah putih bekerja melawan

Artikel27/07/2020

Pandemik Belum Berlalu, Tetap Waspada Penyebab dan Gejala Flu Disertai Batuk Pada Anak

Penyebab dan gejala flu disertai batuk pada anak adalah hal yang penting untuk kita pahami selama pandemik belum berlalu. Langkah awal yang bisa kita lakukan

Artikel11/05/2020

Tips Meringankan Flu dan Batuk Pada Anak Agar Tetap Nyaman Beraktivitas Saat #dirumahaja

Di tengah pandemik COVID-19 yang semakin meningkat belakangan ini, penyakit seperti flu dan batuk pada anak tentu menjadi hal yang cukup mengkhawatirkan bagi kebanyakan orang tua.

Artikel16/04/2020