ARTIKEL

KARAKTERISTIK DEMAM CAMPAK

Wednesday, 22 November 2017

SHARE      

Karakteristik Demam Campak

Cacar adalah penyakit yang disebabkan infeksi virus Varicella zoster. Penyakit yang sering menyering anak-anak tersebut memiliki gejala fisik yang khas sehingga mudah untuk Mom deteksi. Dalam 24 jam akan mulai muncul bintil-bintil melenting berwarna merah berisi cairan. Bintil-bintil tersebut  akan menyebar dari wajah ke dada, perut, dan bagian tubuh lain. Bintil merah ini tak boleh digaruk ya Mom meskipun terasa gatal, karena dapat menyebabkan infeksi, menjadi sumber penularan, dan meninggalkan bekas luka parut yang susah hilang. Selain bintil merah berair, Buah Hati juga mungkin akan mengalami sakit kepala, mual muntah, nyeri, dan kehilangan nafsu makan. Buah Hati juga bisa mengalami demam dengan ciri-ciri seperti berikut :

  • Selama hari 1-2: Dalam dua hari pertama, Buah Hati akan mengalami demam ringan disertai batuk kering dan sakit kepala
  • Selama hari 3-8: Umumnya demam akan semakin parah. Waspadai demam yang semakin tinggi pada hari ke 3-8.
  • Selama hari 9 – 11: Demam akan  mereda. Tahap akhir ini ditandai dengan lentingan yang mulai mengering, terasa semakin gatal, namun tidak lagi menular. Tubuh juga berangsur-angsur semakin kuat dan bisa beraktivitas kembali. Pastikan kuku Buah Hati  tetap pendek, dan ingatkan untuk tidak menggaruk bekas cacar agar tidak meninggalkan bekas parut yang sulit hilang.

Bila si Buah Hati terkena cacar, berikut cara penanganan berdasarkan rekomendasi dokter:

  • Ajak buah hati istirahat total agar daya tahan tubuhnya meningkat untuk mempercepat proses penyembuhan
  • Isolasikan buah hati Mom sementara waktu agar tidak menulari teman atau keluarga terutama yang belum diimunisasi cacar.
  • Memberikan obat yang bisa meringankan gejala yang muncul.
  • Berikan obat yang mengandung Paracetamol untuk menurunkan panas demam buah hati, seperti  bodrexin Demam Sirup.

Jika Buah Hati terkena cacar, jangan panik ya Moms. Penyakit cacar pada umumnya akan sembuh sendiri setelah redanya demam. Dalam 10-21 hari, cacar akan sembuh benar dengan tanda seperti bintil yang mengering dan tubuh yang sudah lebih sehat.  Namun jika gejala demam memburuk, segera berkonsultasi langsung dengan dokter anak. Untuk mencegah penularan, pastikan Buah Hati  juga sudah menerima vaksinasi cacar. Vaksin cacar ini sendiri pada umumnya diberikan saat anak berumur 9 bulan, dan termasuk dalam rangkaian vaksin MMR (cacar, campak, rubella). Jangan lupa perkuat daya tahan Buah Hati juga ya Moms agar ia selalu sehat.

  BACA JUGA

Mengintip Manfaat Kandungan bodrexin Untuk Meringankan Flu dan Batuk Anak

Memilih obat flu dan batuk untuk anak bukanlah hal yang bisa dilakukan dengan sembarangan. Hal utama yang harus Bunda perhatikan adalah kandungan bahan yang ada di dalamnya.

Artikel16/11/2020

Bunda, Yuk Bedakan Antara Sakit Pilek dan Flu Serta Batuk Biasa dengan yang Terpapar COVID-19

penting sekali untuk bedakan antara sakit pilek dan flu serta batuk biasa dengan yang terpapar COVID-19. Apa saja, ya?

Artikel26/10/2020

Solusi Saat Buah Hati Terserang Flu dan Batuk

Selain dengan berbagi informasi dengan saudara, teman, dan mengonsultasikannya langsung dengan dokter, simak beberapa tips yang juga bisa Bunda lakukan berikut ini.

Artikel21/10/2020