ARTIKEL

TAK PERLU BINGUNG, INI DIA CARA MENGOBATI BATUK PILEK DEMAM DAN TENGGOROKAN GATAL PADA ANAK

Saturday, 29 February 2020

Tak Perlu Bingung, Ini Dia Cara Mengobati Batuk Pilek Demam dan Tenggorokan Gatal Pada Anak

Saat anak mulai terserang batuk pilek demam dan tenggorokan gatal, tentu sebagai orang tua kita akan merasa khawatir kan, Moms? Selain bisa mengganggu aktivitas dan waktu tidurnya di malam hari, beberapa masalah kesehatan ini juga bisa bertambah buruk bahkan memicu penyakit lainnya jika tidak ditangani dengan baik. Namun tak perlu bingung, beberapa cara sederhana berikut ini bisa Moms lakukan di rumah untuk meredakan batuk, pilek, demam, dan tenggorokan gatal agar anak bisa kembali riang.

Memasang Diffuser di Kamar

Salah satu faktor yang bisa memicu timbulnya batuk adalah karena kondisi kelembapan udara di ruangan yang terlalu tinggi. Menurut penjelasan yang dimuat dalam Sleepfoundation.org menyebutkan bahwa ruangan dengan kelembapan yang tinggi merupakan tempat terbaik bagi jamur dan bakteri untuk berkembang biak dan menjadi sumber penyakit bagi keluarga, terutama batuk pada anak. Oleh karena itu, Moms bisa memasang diffuser di kamar anak untuk menjaga kelembapan udara agar batuk Si Kecil tak semakin parah, sehingga mereka bisa tidur dengan nyaman dan nyenyak.

Mengompres Saat Demam

Anak mengalami demam? Langkah awal yang harus Moms lakukan adalah menghadapinya dengan tenang. Ukur suhu badan anak menggunakan thermometer, apabila mencapai 38,5 derajat maka Moms bisa menurunkan demam Si Kecil dengan mengompresnya di bagian lipatan pembuluh darah (bagian ketiak dan lipatan paha) menggunakan handuk yang sudah dibasahi air hangat agar panasnya bisa keluar melalui pori-pori tubuhnya. Hindari juga untuk memakaikan baju berlapis-lapis atau menyelimuti Si Kecil pada saat demam.

Mencukupi Kebutuhan Nutrisi dan Air Minum

Meskipun terkadang nafsu makan anak akan terganggu saat mereka sakit flu, batuk, dan tenggorokan gatal, bukan berarti Moms menyerah untuk memenuhi asupan nutrisi Si Kecil. Moms bisa memberikan asupan makanan seperti bubur maupun buah-buahan yang kaya akan air secara rutin dan juga mencukupi kebutuhan air minum pada anak agar mereka tidak mengalami dehidrasi.

Memberikan Air Jahe dan Madu

Cara lain yang bisa Moms lakukan untuk membantu meredakan batuk dan tenggorokan gatal pada anak adalah dengan memberikan air rebusan jahe (jahe diiris tipis kemudian direbus) dan dicampur madu saat disajikan. Sifat jahe yang analgesic dan kandungan oleoresin di dalamnya memiliki kemampuan antitusif untuk mengurangi sakit tenggorokan dan meredakan batuk, sedangkan madu mengandung antioksidan yang tinggi untuk membantu melawan bakteri penyebab batuk. Tak hanya itu, jika Moms memberikan madu pada Si Kecil 30 menit sebelum tidur di malam hari, hal ini juga bisa membantu melegakan tenggorokan dan membuat tidurnya lebih nyenyak.

Membuat Teh Kayu Manis

Selain air rebusan jahe dan madu, Moms juga bisa memberikan teh hangat yang dicampur dengan kayu manis di dalamnya. Hal ini dikarenakan kayu manis memiliki sifat anti jamur dan bakteri yang akan membantu meredakan batuk berdahak dan melegakan tenggorokan Si Kecil. Moms juga bisa menambahkan madu di dalamnya agar rasa teh menjadi lebih manis dan Si Kecil mau untuk meminumnya.

Memberikan Obat

Jika Moms merasa bahwa teh kayu manis atau air rebusan jahe memiliki rasa yang terlalu kuat bagi anak-anak, maka cara lain yang bisa Moms lakukan adalah dengan memberikan obat herbal yang mengandung bahan alami seperti bodrexin Herbal Batuk. Kandungan jahe, madu, kayu manis, thyme herba, dan tiga bahan alami lainnya mampu membantu meredakan batuk serta melegakan tenggorokan Si Kecil.

Tak hanya itu, bodrexin Herbal Batuk juga sangat praktis, mudah dibawa, sudah sesuai dosis yang dianjurkan untuk anak usia dua tahun ke atas, dan satu-satunya obat batuk herbal anak yang praktis dalam kemasan sachet dengan rasa madu yang disukai anak-anak. Rasa manis yang berasal dari kandungan madu di dalamnya akan membuat momen minum obat Si Kecil menjadi lebih menyenangkan, deh.

  BACA JUGA

Cara Meredakan Demam Saat Anak Tumbuh Gigi

Bagaimana cara meredakan demam saat anak tumbuh gigi? Ada dua alasan utama mengapa tumbuh gigi dan infeksi terjadi pada waktu yang sama.

Artikel13/03/2023

Cara Mengatasi Anak Flu Batuk Saat Nafsu Makannya Menurun

Tak hanya terjadi pada orang dewasa, flu dan batuk yang dialami oleh anak-anak juga bisa membuat nafsu makannya menurun. Yuk lihat beberapa cara mengatasi anak flu batuk saat nafsu makannya menurun berikut ini.

Artikel29/11/2022

Bebas Ribet, Ini Dia Cara Alami Mengatasi Anak Flu Batuk yang Bisa Moms Lakukan di Rumah

Flu dan batuk menjadi penyakit yang paling banyak dialami oleh anak-anak. Pengetahuan mengenai cara mengatasi anak flu batuk di rumah secara sederhana dan alami berikut ini tentu sangat diperlukan.

Artikel08/08/2022