ARTIKEL

HATI-HATI SI KECIL TERKENA FLU BATUK USAI LIBUR LEBARAN, CEGAH DENGAN CARA INI!

Wednesday, 19 April 2023

Hati-hati si Kecil Terkena Flu Batuk Usai Libur Lebaran, Cegah dengan Cara Ini!

Libur lebaran memang menyenangkan dan banyak dimanfaatkan untuk bertemu dengan sanak keluarga. Namun tidak jarang, si Kecil justru mengalami sakit setelahnya. Salah satu yang paling sering terjadi adalah sakit Flu & Batuk. Mengapa hal ini sering terjadi dan bagaimana cara mencegah si Kecil terkena Flu dan batuk setelah libur lebaran?

 

Sebenarnya, terpapar sakit flu dan batuk saat liburan merupakan hal yang sangat wajar dikarenakan adanya perbedaan aktivitas maupun rutinitas dibandingkan biasanya. Terutama karena selama liburan, si kecil sangat mungkin mengalami hal-hal berikut ini:

 

  • Berinteraksi dengan banyak orang

Saat liburan, khususnya libur lebaran, si Kecil akan diajak bersilaturahmi bertemu keluarga dan kerabat. Saat bertemu dengan banyak orang itulah otomatis si Kecil rentan terpapar berbagai virus dan bakteri dari orang-orang yang berinteraksi dengannya. Virus flu dan batuk juga termasuk salah satu yang mudah menular.

 

  • Asupan gizi kurang terjaga

Selama liburan, jadwal makan si Kecil mungkin menjadi tidak teratur akibat mobilitas yang tinggi. Selain itu jenis makanan yang dikonsumsi bisa jadi kurang terkontrol kandungan gizinya; mengandung banyak minyak, tinggi gula, terlalu banyak mengonsumsi minuman dingin, dan lain sebagainya. Asupan gizi yang kurang seimbang ini membuat imunitas tubuh anak kurang optimal dan rentan tertular virus.

 

  • Kurang waktu beristirahat

Pada saat liburan, Moms seringkali kesulitan menerapkan waktu tidur siang dan malam yang teratur seperti biasanya. Apalagi saat bepergian, si Kecil mungkin lebih bersemangat untuk bermain ketimbang tidur siang. Kurangnya waktu istirahat ini juga dapat membuat daya tahan tubuh si Kecil menurun.

 

Untuk mencegah si Kecil terkena flu dan batuk setelah libur lebaran Moms bisa melakukan beberapa langkah pencegahan seperti berikut ini:

 

  • Gunakan masker dan batasi interaksi fisik

Boleh saja mengajak si Kecil bersilaturahmi bertemu keluarga besar. Namun ada baiknya tetap gunakan masker ya. Cara ini adalah salah satu yang paling efektif untuk mencegah penularan virus. Selain itu Moms perlu membatasi interaksi fisik si Kecil dengan banyak orang. Jangan izinkan anak untuk dicium, dipeluk, atau digendong oleh banyak orang sekalipun itu keluarga. Sebagai gantinya, ajari anak untuk bersalaman atau melakukan ‘tos’ untuk menghormati orang lain. Jangan lupa untuk mencuci tangan si Kecil dan mandikan setelah selesai acara silaturahmi.

 

  • Tetap kontrol makanan yang dikonsumsi si Kecil

Usahakan tetap mematuhi jam makan si Kecil agar ia tidak ‘masuk angin’ dan lebih rentan sakit. Jika Anda menghabiskan banyak waktu di perjalanan, siapkan camilan yang mengenyangkan seperti roti agar perut anak tidak kosong. Hindari juga konsumsi snack manis dan dingin terlalu berlebihan karena dapat menyebakan radang.

 

  • Berikan kenyamanan untuk si Kecil

Siapkan bantal, selimut, dan pakaian ganti yang nyaman untuk si Kecil saat pergi silaturahmi lebaran. Meskipun waktu istirahatnya mungkin agak terganggu, setidaknya si Kecil bisa nyaman beristirahat selama di perjalanan, terutama jika harus melewati kemacetan. Dengan demikian kondisinya akan tetap fit.

 

Nah, itulah tips yang dapat Moms lakukan untuk menjaga kondisi si Kecil tetap sehat selama libur lebaran maupun setelahnya. Siapkan juga obat pereda flu dan batuk apabila si Kecil sudah menunjukkan gejala sakit ya! Selamat berlibur!

  BACA JUGA