ARTIKEL

LEBIH WASPADA, INI PENYEBAB ANAK DEMAM SAAT PUASA

Thursday, 28 April 2022

Lebih Waspada, Ini Penyebab Anak Demam Saat Puasa

Selain adanya kemungkinan infeksi bakteri dalam tubuh, penyebab anak demam saat berpuasa biasanya dipicu oleh kekurangan cairan akibat menahan rasa haus dalam waktu yang cukup lama, apalagi jika Si Kecil bermain di bawah sinar matahari meski sedang berpuasa. Dilansir dari laman online situs Halodoc.com, tubuh manusia tidak memiliki manajemen dehidrasi yang baik, sehingga mengakibatkan hilangnya cairan tubuh. Dalam kondisi ini, tubuh akan berusaha untuk mengurangi pengeluaran cairan yang menimbulkan terjadinya konstriksi pori kulit yang berdampak pada kenaikan suhu tubuh. Selain menyebabkan demam, kekurangan cairan dan mineral saat berpuasa juga bisa mengakibatkan anak merasa lemas dan lebih mudah terserang penyakit saat puasa.

 

Oleh karena itu, sangatlah penting untuk memenuhi kebutuhan cairan dan nutrisi anak saat sahur dan juga puasa. Cara yang bisa Moms lakukan adalah dengan menyiapkan menu sahur dan berbuka berupa hidangan yang tinggi protein sebagai sumber tenaga, sayuran hijau yang kaya nutrisi penting untuk tubuh, dan kebutuhan air mineral untuk memenuhi kebutuhan cairan hariannya, yaitu dua gelas air saat sahur, satu gelas air sebelum imsak, dua gelas air saat berbuka puasa, dan satu gelas air sebelum tidur.

 

Bagaimana mengatasi anak demam saat puasa?

Baik sedang dalam kondisi berpuasa atau tidak, tidak ada perbedaan dalam cara mengatasi anak demam. Hanya saja, Moms harus menanyakan kesanggupan Si Kecil untuk melanjutkan puasa atau memilih untuk membatalkannya. Setelah itu, lakukan juga beberapa tips berikut ini ya, Moms.

  • Mengompres menggunakan air hangat di bagian kening, lipatan paha, dan lipatan ketiak untuk membantu menurunkan panas tubuhnya.
  • Moms bisa memberikan pakaian yang tipis dan mudah menyerap keringat, dengan begini panas tubuhnya tidak terjebak dan suhu tubuhnya bisa kembali normal dalam waktu yang cepat.
  • Membatasi kegiatan Si Kecil di rumah dan memastikan bahwa Si Kecil istirahat dengan cukup, terutama jika Si Kecil memilih untuk tetap berpuasa.
  • Namun jika demam pada anak cukup mengganggu, Moms bisa langsung memberikan obat penurun demam yang mengandung Paracetamol dan sesuai dengan usia anak, serta dapat diminum baik sebelum atau sesudah makan, sehingga demamnya bisa cepat teratasi dengan efektif.
  • Mencukupi kebutuhan air mineral anak.

 

Selain dehidrasi atau kekurangan cairan, vaksinasi juga bisa menjadi penyebab anak demam yang umum terjadi. Namun tak perlu khawatir ya Moms karena kondisi ini biasanya tidak akan berlangsung lama dan akan segera pulih dalam waktu kurang dari tiga hari.

Namun, jika terpaksa harus membatalkan puasanya, segera berikan obat penurun demam yang sesuai umurnya dan mengandung Paracetamol yang bereaksi lebih cepat dan efektif untuk redakan demam ya, Moms!

 

  BACA JUGA

Cara Meredakan Demam Saat Anak Tumbuh Gigi

Bagaimana cara meredakan demam saat anak tumbuh gigi? Ada dua alasan utama mengapa tumbuh gigi dan infeksi terjadi pada waktu yang sama.

Artikel13/03/2023

Cara Mengatasi Anak Flu Batuk Saat Nafsu Makannya Menurun

Tak hanya terjadi pada orang dewasa, flu dan batuk yang dialami oleh anak-anak juga bisa membuat nafsu makannya menurun. Yuk lihat beberapa cara mengatasi anak flu batuk saat nafsu makannya menurun berikut ini.

Artikel29/11/2022

Bebas Ribet, Ini Dia Cara Alami Mengatasi Anak Flu Batuk yang Bisa Moms Lakukan di Rumah

Flu dan batuk menjadi penyakit yang paling banyak dialami oleh anak-anak. Pengetahuan mengenai cara mengatasi anak flu batuk di rumah secara sederhana dan alami berikut ini tentu sangat diperlukan.

Artikel08/08/2022