ARTIKEL

PERTOLONGAN PERTAMA SAAT ANAK TERKENA BATUK DISERTAI DEMAM AGAR TETAP NYAMAN SAAT BERAKTIVITAS

Tuesday, 03 November 2020

SHARE      

Pertolongan Pertama Saat Anak Terkena Batuk Disertai Demam Agar Tetap Nyaman Saat Beraktivitas

Saat anak flu, besar kemungkinan bahwa mereka juga akan mengalami gejala penyertanya, seperti batuk dan demam yang tentu akan sangat mengganggu aktivitasnya sehari-hari. Sebagai orang tua, apalagi seorang ibu, rasanya pasti sungguh tidak tega melihat Si Kecil merasa tidak nyaman karena keluhan kesehatan yang dialaminya, bukan? Tak perlu panik, yuk simak beberapa pertolongan pertama saat anak terkena batuk disertai demam saat mereka flu berikut ini, Bunda.

Memberikan Obat Flu dan Batuk

Pertolongan pertama saat anak terkena batuk disertai demam saat mereka flu tentunya adalah dengan memberikannya obat flu dan batuk khusus untuk anak-anak. Tujuannya adalah untuk membuat mereka lebih bersemangat minum obat guna mempercepat proses penyembuhannya. Misalnya saja dengan memberikan obat flu dan batuk seperti bodrexin Flu & Batuk PE atau bodrexin Flu & Batuk Tidak Berdahak DPH yang hadir dalam kemasan sirup rasa jeruk manis yang disukai anak-anak dan juga kandungan yang ampuh dalam meringankan flu dan batuk anak.

Saat anak flu disertai batuk berdahak, berikan bodrexin Flu & Batuk PE yang mengandung PE (Phenylephrine) sebagai dekongestan untuk membantu melegakan hidung tersumbat saat mengalami flu dan juga kandungan Guaifenesin dan Bromhexine yang berperan untuk mengencerkan dahak saat Si Kecil mengalami batuk berdahak. Namun, jika ternyata batuk yang diderita merupakan batuk tidak berdahak, Bunda bisa memberikannya bodrexin Flu & Batuk Tidak Berdahak DPH yang mengandung DPH (Diphenhydramine) yang bekerja menekan pusat batuk sekaligus sebagai antihistamin untuk meringankan gejala flu seperti demam, sakit kepala, bersin-bersin dan hidung tersumbat yang disertai batuk tidak berdahak.

Memenuhi Kebutuhan Cairan dan Nutrisi

Saat batuk dan demam, Si Kecil akan banyak kehilangan cairan dalam tubuhnya. Untuk itu, penuhi kebutuhan cairan tubuhnya dengan cara memberikannya air mineral yang cukup, buah-buahan dengan kandungan air yang cukup tinggi seperti semangka, atau dengan memberikan makanan seperti sop ayam yang tak hanya bisa membantu mengganti cairan tubuh tetapi juga memenuhi kebutuhan nutrisi yang berasal dari sayuran dan juga daging ayam yang terkandung di dalamnya. Dengan begini, proses penyembuhan Si Kecil bisa berlangsung lebih cepat.

Memastikan Si Kecil untuk Istirahat Cukup

Tak cukup hanya dengan memberikan obat batuk dan memenuhi kebutuhan nutrisinya, pastikan juga anak memiliki waktu istirahat yang cukup terutama saat sakit. Hal ini sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang berperan dalam melawan virus penyebab flu, batuk, dan demam yang dideritanya. Agar Si Kecil bisa istirahat dengan nyaman, Bunda juga bisa membatasi kegiatannya di rumah dan juga “memisahkan” sementara dari anggota keluarga lainnya agar tidak menularkan batuknya.

Melengkapi Persediaan Masker dan Menjaga Kelembapan  Udara

Hal lain yang bisa Bunda lakukan sebagai bentuk pertolongan pertama saat anak terkena batuk disertai demam, terutama saat pandemi seperti saat ini adalah dengan melengkapi persediaan masker untuk keluarga, baik untuk dipakai di dalam rumah saat anak sakit maupun saat harus bepergian ke luar rumah. Jaga juga kelembapan udara di rumah agar tidak menjadi tempat terbaik bagi bakteri pemicu penyakit untuk berkembangbiak ya, Bunda.

Mengajak Anggota Keluarga Menerapkan Pola Hidup Sehat

Agar kesehatan keluarga tetap terjaga, pastikan juga untuk menerapkan pola hidup sehat seperti:

  • Rajin mencuci tangan menggunakan sabun di bawah air yang mengalir selama 20 detik dan  membersihkan badan, terutama setelah beraktivitas, bepergian, atau memegang benda di sekitar.
  • Menghindari kerumunan, karena hal ini memiliki risiko penularan penyakit yang cukup tinggi.
  • Tidak mengajak anak untuk menjenguk saudara atau teman yang sedang sakit.
  • Membiasakan diri untuk menutup mulut menggunakan tisu atau lipatan siku saat bersin maupun batuk.
  • Makan makanan bergizi dengan cara menikmati hidangan di rumah dan tidak jajan sembarangan.
  • Olahraga bersama keluarga agar lebih menyenangkan.

Nah Bunda, itu dia pertolongan pertama saat anak terkena batuk disertai demam yang bisa Bunda lakukan di rumah. Pastikan juga untuk selalu melengkapi persediaan obat-obatan keluarga di rumah, salah satunya untuk anak yaitu bodrexin Flu & Batuk PE atau bodrexin Flu & Batuk Tidak Berdahak DPH yang bisa didapatkan secara online hanya di Tempo Official Store melalui E-commerce kesayangan seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, dan Lazada, ya!

  BACA JUGA

Sebelum Memberikan Obat Batuk Flu Anak, Ketahui Dulu Beberapa Hal Berikut Ini

Memberikan obat batuk flu anak bukanlah hal yang bisa Moms lakukan secara sembarangan. Tak hanya dengan menyesuaikan jenis batuknya, ternyata masih ada beberapa hal penting lainnya yang harus Moms ketahui,

Artikel24/02/2021

Moms, Ini yang Terjadi di Saluran Pernapasan Saat Terjadi Batuk dan Flu pada Anak

Batuk dan flu pada anak bisa dikategorikan ke dalam jenis infeksi saluran pernapasan atas yang disebabkan oleh virus dan bakteri yang masuk dan menempel di saluran pernapasan, seperti hidung dan tenggorokan.

Artikel09/02/2021

Anak Panas karena Batuk Pilek, Wajar atau Tidak, Ya?

tak perlu panik berlebihan Moms, karena umumnya demam ini adalah hal yang wajar terjadi sebagai respon tubuh saat melawan virus yang masuk ke dalam tubuh saat anak mengalami flu dan batuk.

Artikel02/02/2021