ARTIKEL

TAK PERLU PANIK, INTIP CARA MENGATASI DEMAM PANAS TINGGI SAAT PERUBAHAN CUACA

Friday, 13 March 2020

SHARE      

Tak Perlu Panik, Intip Cara Mengatasi Demam Panas Tinggi Saat Perubahan Cuaca

Cara mengatasi demam panas tinggi adalah hal yang wajib kita pahami untuk menjaga kesehatan keluarga, terutama anak-anak di cuaca yang tidak menentu. Pasalnya, perubahan cuaca inilah yang membuat udara menjadi lebih lembap dan bisa memicu virus dan bakteri untuk berkembang biak dengan sangat pesat. Jika sudah begini, risiko terserang penyakit juga menjadi lebih besar, salah satunya adalah demam panas tinggi pada anak.

Untuk itu, perlu usaha khusus untuk mencegah terjadinya demam pada anak. Bagaimana caranya?

  • Mengajak anak agar membiasakan diri untuk mencuci tangan dengan menggunakan sabun, terutama sebelum makan, setelah memegang barang, setelah menggunakan toilet, atau saat kebetulan berada di dekat orang sakit. Mencuci tangan menggunakan sabun dipercaya sangat ampuh untuk membunuh kuman dan juga virus yang menempel pada tubuh.
  • Membawa hand sanitizer untuk membersihkan tangan saat bepergian. Cara yang satu ini juga dipercaya mampu membunuh virus dan bakteri berkat kandungan alkohol di dalamnya.
  • Tidak berbagi alat makan dan minum dengan orang lain.
  • Ajarkan Si Kecil untuk menutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin menggunakan tisu sekali buang atau menutupnya menggunakan lipatan siku.
  • Melengkapi persediaan masker, obat-obatan, dan juga menjauhi tempat keramaian untuk sementara waktu.
  • Tidak mengajak anak untuk mengunjungi saudara atau teman yang sedang sakit.
  • Mencukupi kebutuhan nutrisi melalui makanan dan juga vitamin.

Namun, bagaimana jika anak mengalami demam panas tinggi?

Tak perlu panik Bunda, karena demam adalah reaksi alamiah tubuh dalam merespon dan melawan virus serta bakteri yang masuk, di mana saraf otak mengirimkan pesan untuk menaikkan suhu tubuh sebagai pertanda sel-sel darah putih bekerja melawan virus dan meningkatkan kekebalan tubuh. Saat demam mulai melanda, Bunda bisa memberikan obat penurun panas seperti bodrexin Demam Sirup yang mengandung Paracetamol. Selain hadir dalam kemasan sirup rasa jeruk yang disukai anak-anak, bodrexin Demam Sirup juga sudah dipercaya secara turun-temurun untuk menurunkan panas anak, sehingga sangat cocok untuk dijadikan pertolongan pertama anak demam.

Selanjutnya, pastikan Si Kecil mendapatkan istirahat cukup, memenuhi kebutuhan cairan tubuh melalui air minum, memenuhi asupan nutrisi melalui makanan yang disukai anak dan mudah dicerna saat sakit, mengompres menggunakan air hangat, memakaikan pakaian tipis dan longgar, serta memastikan sirkulasi udara di rumah berjalan dengan baik. Namun, jika dalam tiga hari panas Si Kecil tak kunjung turun, Bunda bisa langsung memeriksakannya ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut dan menghindari kemungkinan munculnya penyakit lain yang lebih serius.

  BACA JUGA