ARTIKEL

TAK PERLU BINGUNG, INI DIA CARA MENGOBATI BATUK PILEK DEMAM DAN TENGGOROKAN GATAL PADA ANAK

Saturday, 29 February 2020

SHARE      

Tak Perlu Bingung, Ini Dia Cara Mengobati Batuk Pilek Demam dan Tenggorokan Gatal Pada Anak

Saat anak mulai terserang batuk pilek demam dan tenggorokan gatal, tentu sebagai orang tua kita akan merasa khawatir kan, Moms? Selain bisa mengganggu aktivitas dan waktu tidurnya di malam hari, beberapa masalah kesehatan ini juga bisa bertambah buruk bahkan memicu penyakit lainnya jika tidak ditangani dengan baik. Namun tak perlu bingung, beberapa cara sederhana berikut ini bisa Moms lakukan di rumah untuk meredakan batuk, pilek, demam, dan tenggorokan gatal agar anak bisa kembali riang.

Memasang Diffuser di Kamar

Salah satu faktor yang bisa memicu timbulnya batuk adalah karena kondisi kelembapan udara di ruangan yang terlalu tinggi. Menurut penjelasan yang dimuat dalam Sleepfoundation.org menyebutkan bahwa ruangan dengan kelembapan yang tinggi merupakan tempat terbaik bagi jamur dan bakteri untuk berkembang biak dan menjadi sumber penyakit bagi keluarga, terutama batuk pada anak. Oleh karena itu, Moms bisa memasang diffuser di kamar anak untuk menjaga kelembapan udara agar batuk Si Kecil tak semakin parah, sehingga mereka bisa tidur dengan nyaman dan nyenyak.

Mengompres Saat Demam

Anak mengalami demam? Langkah awal yang harus Moms lakukan adalah menghadapinya dengan tenang. Ukur suhu badan anak menggunakan thermometer, apabila mencapai 38,5 derajat maka Moms bisa menurunkan demam Si Kecil dengan mengompresnya di bagian lipatan pembuluh darah (bagian ketiak dan lipatan paha) menggunakan handuk yang sudah dibasahi air hangat agar panasnya bisa keluar melalui pori-pori tubuhnya. Hindari juga untuk memakaikan baju berlapis-lapis atau menyelimuti Si Kecil pada saat demam.

Mencukupi Kebutuhan Nutrisi dan Air Minum

Meskipun terkadang nafsu makan anak akan terganggu saat mereka sakit flu, batuk, dan tenggorokan gatal, bukan berarti Moms menyerah untuk memenuhi asupan nutrisi Si Kecil. Moms bisa memberikan asupan makanan seperti bubur maupun buah-buahan yang kaya akan air secara rutin dan juga mencukupi kebutuhan air minum pada anak agar mereka tidak mengalami dehidrasi.

Memberikan Air Jahe dan Madu

Cara lain yang bisa Moms lakukan untuk membantu meredakan batuk dan tenggorokan gatal pada anak adalah dengan memberikan air rebusan jahe (jahe diiris tipis kemudian direbus) dan dicampur madu saat disajikan. Sifat jahe yang analgesic dan kandungan oleoresin di dalamnya memiliki kemampuan antitusif untuk mengurangi sakit tenggorokan dan meredakan batuk, sedangkan madu mengandung antioksidan yang tinggi untuk membantu melawan bakteri penyebab batuk. Tak hanya itu, jika Moms memberikan madu pada Si Kecil 30 menit sebelum tidur di malam hari, hal ini juga bisa membantu melegakan tenggorokan dan membuat tidurnya lebih nyenyak.

Membuat Teh Kayu Manis

Selain air rebusan jahe dan madu, Moms juga bisa memberikan teh hangat yang dicampur dengan kayu manis di dalamnya. Hal ini dikarenakan kayu manis memiliki sifat anti jamur dan bakteri yang akan membantu meredakan batuk berdahak dan melegakan tenggorokan Si Kecil. Moms juga bisa menambahkan madu di dalamnya agar rasa teh menjadi lebih manis dan Si Kecil mau untuk meminumnya.

Memberikan Obat

Jika Moms merasa bahwa teh kayu manis atau air rebusan jahe memiliki rasa yang terlalu kuat bagi anak-anak, maka cara lain yang bisa Moms lakukan adalah dengan memberikan obat herbal yang mengandung bahan alami seperti bodrexin Herbal Batuk. Kandungan jahe, madu, kayu manis, thyme herba, dan tiga bahan alami lainnya mampu membantu meredakan batuk serta melegakan tenggorokan Si Kecil.

Tak hanya itu, bodrexin Herbal Batuk juga sangat praktis, mudah dibawa, sudah sesuai dosis yang dianjurkan untuk anak usia dua tahun ke atas, dan satu-satunya obat batuk herbal anak yang praktis dalam kemasan sachet dengan rasa madu yang disukai anak-anak. Rasa manis yang berasal dari kandungan madu di dalamnya akan membuat momen minum obat Si Kecil menjadi lebih menyenangkan, deh.

  BACA JUGA

Mengintip Manfaat Kandungan bodrexin Untuk Meringankan Flu dan Batuk Anak

Memilih obat flu dan batuk untuk anak bukanlah hal yang bisa dilakukan dengan sembarangan. Hal utama yang harus Bunda perhatikan adalah kandungan bahan yang ada di dalamnya.

Artikel16/11/2020

Bunda, Yuk Bedakan Antara Sakit Pilek dan Flu Serta Batuk Biasa dengan yang Terpapar COVID-19

penting sekali untuk bedakan antara sakit pilek dan flu serta batuk biasa dengan yang terpapar COVID-19. Apa saja, ya?

Artikel26/10/2020

Solusi Saat Buah Hati Terserang Flu dan Batuk

Selain dengan berbagi informasi dengan saudara, teman, dan mengonsultasikannya langsung dengan dokter, simak beberapa tips yang juga bisa Bunda lakukan berikut ini.

Artikel21/10/2020