ARTIKEL

5 MAKANAN SEHAT BANTU ANAK TURUNKAN DEMAM. MANA FAVORIT SI KECIL?

Wednesday, 08 July 2020

5 Makanan Sehat Bantu Anak Turunkan Demam. Mana Favorit Si Kecil?

Terkadang, demam yang dialami oleh anak-anak membuat nafsu makannya berkurang. Padahal, mereka membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya untuk membantu mempercepat proses penyembuhannya. Namun tak perlu khawatir Bunda, berikut ini ada beberapa makanan untuk anak demam yang bisa diberikan pada anak di rumah. Kira-kira mana yang menjadi favorit Si Kecil, ya?

Sup Ayam

Saat Si Kecil mengalami demam, maka tubuhnya cenderung lebih mudah mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, penting sekali untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air, salah satunya adalah sup ayam yang terbuat dari campuran kaldu. Rasa hangat dari sup bisa memberikan rasa nyaman serta potongan sayur seperti wortel yang kaya akan vitamin A dan daging ayam yang kaya akan zat besi dan protein juga sangat baik untuk menutrisi tubuh saat demam.

Yogurt

Menurut artikel yang dimuat dalam laman online situs Liputan6.com, mengonsumsi yogurt saat demam ternyata bisa meredakan sakit tenggorokan akibat demam dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kandungan protein yang cukup tinggi di dalamnya. Namun, pastikan untuk memilih produk yogurt dengan kandungan gula yang rendah di dalamnya, ya. Agar lebih nikmat, Bunda juga bisa menambahkan beberapa buah-buahan seperti strawberry dan jeruk yang kaya akan vitamin C kemudian diberi tambahan madu agar Si Kecil lebih bersemangat untuk memakannya.

Buah-buahan yang Kaya Vitamin C

Selain mengonsumsi yogurt, pastikan juga untuk menutrisi tubuh dengan buah-buahan yang kaya akan vitamin C. Tujuannya adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh saat demam. Beberapa contoh buahnya antara lain strawberry, tomat, dan jeruk. Selain mengonsumsinya secara langsung, Bunda juga bisa mengolahnya menjadi jus agar tidak terasa membosankan.

Air Kelapa Hijau

Bunda juga bisa lho memberikan air kelapa hijau saat Si Kecil mengalami demam. Tujuannya adalah untuk membantu menstabilkan tubuh, karena pada saat demam mereka akan lebih banyak berkeringat yang menyebabkan tubuh kehilangan banyak cairan dan elektrolit. Rasanya yang manis pasti disukai oleh anak-anak.

Oatmeal

Bosan dengan bubur nasi? Semangkuk bubur oatmeal yang kaya akan vitamin E, antioksidan polifenol, dan juga serat juga bisa menjadi salah satu makanan untuk anak demam agar sistem kekebalan tubuhnya semakin meningkat.

Selain dengan memberikan beberapa makanan untuk anak demam di atas, Bunda juga bisa mengatasi demam anak dengan memberikannya obat penurun panas anak seperti bodrexin Demam Sirup atau bodrexin Tablet yang hadir dalam varian rasa jeruk yang disukai oleh anak-anak.

Kandungan Paracetamol yang ada di dalamnya sudah terbukti secara turun-temurun membantu menurunkan demam anak, sehingga mereka bisa beraktivitas dengan lebih nyaman dan istirahat dengan nyenyak saat malam hari. Yuk, jaga kesehatan dan daya tahan tubuh Si Kecil dengan selalu menyediakan bodrexin Demam Sirup atau bodrexin Tablet di rumah. Bunda bisa membelinya dengan lebih aman dan nyaman secara online di Tempo Official Store melalui E-commerce kesayangan Bunda seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, dan Lazada. Psst, sudah HALAL dan tersedia dalam kemasan botol yang tidak mudah pecah karena terbuat dari plastik yang aman lho, Bunda!

Tak hanya itu, yuk ajak Si Kecil untuk memulai kebiasaan baru untuk menjaga kesehatan di masa new normal seperti:

  • Rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir hingga bersih, terutama setelah bermain atau memegang benda tertentu.
  • Selalu menggunakan masker dan membawa hand sanitizer sebagai pengganti sabun dan air untuk menjaga tangan agar terbebas dari kuman dan bakteri penyebab penyakit.
  • Menutup mulut menggunakan tisu sekali buang atau lipatan siku saat bersin dan batuk.
  • Tidak mengajak Si Kecil ke tempat yang ramai dan banyak terdapat orang sakit.
  • Olahraga bersama keluarga dan tidak jajan sembarangan.

Yuk, jadikan Si Kecil sebagai generasi yang sehat dan selalu bersemangat, Bunda!

  BACA JUGA