ARTIKEL

4 TIPS LIBURAN SAAT ANAK FLU DAN BATUK

Tuesday, 02 July 2019

4 Tips Liburan Saat Anak Flu dan Batuk

Liburan sekolah anak tahun ini jatuh di awal musim kemarau, di mana cuaca terasa sangat panas di siang harinya. Namun, kadang-kadang hujan juga masih suka turun pada beberapa hari tertentu, sehingga membuat suhu udara berubah menjadi dingin. Perubahan cuaca ini bisa membuat tubuh mudah jatuh sakit, khususnya anak-anak yang memiliki daya tahan tubuh yang rendah. Tidak heran banyak anak yang terserang flu dan batuk saat libur sekolah.

Saat mengalami flu dan batuk, Si Buah Hati akan merasa lemas, demam, dan tidak nyaman, karena banyaknya dahak dan lendir yang menyumbat saluran pernapasan. Nah, bagaimana kalau flu dan batuk Si Buah Hati tidak juga reda? Yuk, cari tahu tips liburan yang aman untuk Si Buah Hati yang terkena flu dan batuk.

1. Siapkan Obat-obatan yang Diperlukan

Bawalah selalu obat batuk dan flu khusus untuk anak-anak. Namun ingat, berikan obat pada anak sesuai dosis yang dianjurkan. Pilihan obat yang bisa ibu berikan pada anak yang terserang flu dan batuk adalah yang mengandung parasetamol. Obat ini aman dikonsumsi anak-anak, tapi penggunaannya kurang ampuh untuk meringankan pembengkakan dan peradangan.

Salah satu obat flu dan batuk yang bisa ibu pilih untuk meredakan flu dan batuk anak adalah bodrexin Flu dan Batuk Sirup yang memiliki dua varian, yaitu bodrexin Flu & Batuk PE dan bodrexin Flu & Batuk Tidak Berdahak PE. Kandungan parasetamol dan bahan lainnya mampu mengatasi gejala flu, seperti demam, sakit kepala, dan bersin-bersin. Phenylephrine (PE) di dalamnya bekerja meredakan gejala hidung tersumbat sehingga si Buah Hati bisa bernapas lebih lega sertama aman bagi lambungnya. Apabila si Buah Hati mengalami batuk tidak berdahak, kandungan Dextromethorphan di dalamnya mampu menekan batuk sehingga frekuensi batuk si Buah Hati jadi berkurang.

2. Penuhi Kebutuhan Makanan dan Minumannya

Daripada membeli makanan di luar yang belum tentu terjamin kebersihannya, ada baiknya ibu mempersiapkan makanan sendiri dari rumah sebagai bekal selama di perjalanan. Si Buah Hati yang sedang flu dan batuk perlu mengonsumsi makanan bergizi tinggi yang bisa meningkatkan daya tahan tubuhnya, sehingga bisa cepat sembuh.

Selain makanan, ibu juga perlu memastikan agar Si Buah Hati mendapatkan asupan cairan yang cukup. Usahakan agar Si Buah Hati minum 1,5 liter setiap harinya agar ia tidak mengalami dehidrasi.

3. Istirahat yang Cukup

Biar cepat sembuh, Si Buah Hati yang sedang flu dan batuk perlu beristirahat yang cukup saat liburan. Jadi, bawalah perlengkapan tidur yang bisa membantu Si Buah Hati tidur dengan nyaman di dalam kendaraan umum atau kendaraan pribadi.

4. Membawa Barang-Barang Kesayangan Anak

Kebanyakan anak yang sedang sakit biasanya akan menjadi lebih rewel dari biasanya, karena ia merasa tidak nyaman. Agar Si Buah Hati tidak rewel, ibu mungkin bisa membawakan mainan kesayangannya agar anak dapat merasa nyaman selama di perjalanan.

  BACA JUGA

Musim Kemarau Tiba, Mengapa Banyak Anak Alami Flu dan Batuk?

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa banyak anak mengalami flu dan batuk ketika musim kemarau tiba.

Artikel09/08/2023

Anak Bolak-balik Flu? Waspadai Penularan Flu dalam Rumah!

Ada beberapa alasan mengapa penularan flu sering terjadi di dalam rumah. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu mencegah penularan flu di dalam rumah:

Artikel26/07/2023

Perhatikan 4 Hal Ini untuk Membedakan Flu dan Pilek Alergi pada Anak!

Membedakan antara flu dan pilek alergi pada anak dapat membantu orang tua dalam memberikan penanganan yang tepat. Berikut ini adalah 4 hal yang perlu diperhatikan

Artikel16/06/2023