ARTIKEL

TIPS AGAR ANAK RAJIN BELAJAR

Wednesday, 18 November 2015

SHARE      

Tips Agar Anak Rajin Belajar

Memiliki anak yang rajin pasti membuat hati Moms sebagai orangtua bangga ya. Tapi menanamkan kebiasaan untuk rajin belajar pada anak perlu strategi sendiri. Moms tidak bisa hanya menyuruh belajar begitu saja. Butuh taktik yang membuatnya termotivasi. Tapi tidak sulit kok, Moms, yuk lakukan ini agar anak termotivasi untuk rajin belajar.

1. Have Fun Saat Belajar
Anak - anak sangat suka bermain dan oleh karena itu, bermain sambil belajar adalah cara efektif untuk membuat anak tertarik untuk belajar hal-hal yang baru. Ayo ajak sang buah hati untuk melakukan permainan atau aktivitas yang edukasional seperti bermain tebak-tebakan atau kuis. Anak akan tertantang untuk mengulang pemahamannya terhadap materi dan tertarik untuk belajar hal baru.
2. Berikan Motivasi
Berikan motivasi bagi anak untuk belajar dengan rajin menanyakan pelajaran favoritnya dan hal-hal menyenangkan yang terjadi di sekolah. Tumbuhkan juga semangat belajar anak dengan cara memberikan pujian atas kebiasaan belajar yang baik atau prestasi. Dengan begini, anak akan secara tidak langsung menghubungkan belajar dengan hal yang menyenangkan.
3. Kenali Gaya Belajar Anak
Setiap anak mempunyai gaya belajar tersendiri dan memahami gaya belajar tersebut bisa membantu mereka belajar dengan lebih efektif dan tidak cepat jenuh. Gaya belajar dikelompokkan dalam tiga kategori – auditori dimana anak mengandalkan pendengaran untuk menghafal pelajaran, visual dimana anak belajar dengan cara melihat, dan kinestetik dimana anak lebih gampang menyerap informasi dengan cara bergerak atau melakukan sesuatu.
4. Buatlah Jadwal
Buat jadwal rutin untuk si buah hati yang mencakup waktu belajar. Rutinitas ini akan membuat dia terbiasa untuk belajar tanpa disuruh. Selain jadwal untuk belajar, buat jadwal unttuk bermain dan istirahat juga ya Moms, karena istirahat atau jeda sebentar waktu belajar akan membantu anak berkonsentrasi. Ini sudah dibuktikan lho Moms, oleh tim peneliti yang dipimpin oleh Profesor Alejandro Lleras dari University of Illinois.
5. Ciptakan Lingkungan Belajar yang Positif

Salah satu faktor penting yang bisa mempengaruhi niat dan konsentrasi anak saat belajar adalah suasana belajar. Sediakan anak tempat yang tenang untuk belajar dan jauhkan barang-barang elektronik yang bisa menganggu seperti televisi, konsol game, ataupun gadget.

Foto : Shutterstock

  BACA JUGA

Demam Pada Anak Naik Turun, Pertanda Demam Berdarah?

Demam pada anak naik turun, Apakah Si Kecil mengalami gejala demam berdarah? SImak gejala dan Pemeriksaan darah yang dilakukan saat demam

Artikel25/08/2021

Tanda Demam Pada Anak Mulai Berbahaya dan Perlu Dibawa ke Dokter

Anak demam belum pulih dalam kurun waktu kurang dari satu minggu, Moms perlu waspada jika anak juga mengalami beberapa gejala penyerta berikut ini.

Artikel19/08/2021

Demam Pada Anak Tak Kunjung Turun, Perhatikan Juga Gejala Penyertanya Ya, Moms!

Demam bisa jadi menandakan kalau Si Kecil mengalami kondisi kesehatan tertentu. Untuk mengetahuinya, simak gejala penyerta untuk mengetahui kemungkinan penyakit yang ia derita berikut ini ya, Moms!

Artikel13/08/2021