ARTIKEL

JAGA DAYA TAHAN TUBUH ANAK SAAT MUSIM HUJAN

Tuesday, 09 February 2016

SHARE      

Jaga Daya Tahan Tubuh Anak Saat Musim Hujan

Musim hujan tiba. Biasanya penyakit juga mudah datang tanpa diundang. Flu, demam, batuk, dan bersin-bersin, rentan dialami anak-anak saat musim hujan tiba. Tapi ada lho cara agar anak terhindar dari penyakit di musim hujan. Lakukan ini ya, Moms!

1. Cuci tangan sesering mungkin. Tangan adalah media berpindahnya kuman yang sangat baik. Mencuci tangan dengan sabun atau hand-sanitizer terutama sebelum makan atau setelah bermain di luar bisa mencegah anak terpapar penyakit.

2. Jika anak kehujanan ada baiknya segera meminta anak untuk mandi air hangat. Mengapa? Sakit setelah kehujanan bisa dialami karena adanya perbedaan suhu tubuh. Ketika kepala terkena hujan, bagian kepala menjadi lebih dingin dari bagian tubuh lain. Tubuh lalu bereaksi melawan perbedaan tersebut. Tidak heran kita bisa merasa pusing jika hanya kehujanan di bagian kepala saja. Mandi air hangat dan membilas kepala dapat mengembalikan keseimbangan panas tubuh.

3. Pastikan kebutuhan air si kecil cukup. Dehidrasi dapat mengakibatkan daya tahan tubuh anak menurun hingga mudah terserang sakit.

4. Jauhkan anak dari orang yang terpapar penyakit. Misalnya jika ada kerabat yang sakit, Anda sebaiknya tak mengajak si kecil untuk ikut menjenguk ke rumah sakit. 

5. Cukupi kebutuhan gizinya dengan beragam variasi makanan sehat yang mengandung semua komponen nutrisi yang ia butuhkan mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, dan sebagainya. Jika perlu berikan vitamin tambahan. Nutrisi yang cukup adalah kunci kuatnya daya tahan tubuh anak.

6. Anak memang cenderung tidak bisa diam dan selalu aktif, namun pastikan ia juga  beristirahat dengan baik. Tidak hanya tidur dengan nyaman di malam hari, tetapi juga penuhi kebutuhan tidur siang yang cukup. Tidur yang berkualitas membantu metabolisme tubuh berjalan dengan baik.

7. Bekali selalu anak dengan payung dan baju hangat kemana pun ia pergi. Pakaian tebal menjaga badannya tetap hangat meski cuaca di luar dingin dan angin berhembus kencang. 

Foto: Shutterstock

  BACA JUGA

Demam Pada Anak Naik Turun, Pertanda Demam Berdarah?

Demam pada anak naik turun, Apakah Si Kecil mengalami gejala demam berdarah? SImak gejala dan Pemeriksaan darah yang dilakukan saat demam

Artikel25/08/2021

Tanda Demam Pada Anak Mulai Berbahaya dan Perlu Dibawa ke Dokter

Anak demam belum pulih dalam kurun waktu kurang dari satu minggu, Moms perlu waspada jika anak juga mengalami beberapa gejala penyerta berikut ini.

Artikel19/08/2021

Demam Pada Anak Tak Kunjung Turun, Perhatikan Juga Gejala Penyertanya Ya, Moms!

Demam bisa jadi menandakan kalau Si Kecil mengalami kondisi kesehatan tertentu. Untuk mengetahuinya, simak gejala penyerta untuk mengetahui kemungkinan penyakit yang ia derita berikut ini ya, Moms!

Artikel13/08/2021