ARTIKEL

IBU HARUS TAHU! 5 FAKTA PERTUMBUHAN TULANG ANAK

Tuesday, 31 May 2016

SHARE      

Ibu Harus Tahu!  5 Fakta Pertumbuhan Tulang Anak

Tinggi anak berkaitan dengan pertumbuhan tulangnya, yang dimulai sejak ia berada di dalam kandungan. Kesehatan tulang juga dipengaruhi kecukupan Vitamin D dan kalsium. Selain dua hal tersebut masih banyak lagi fakta soal pertumbuhan tulang yang perlu Moms ketahui. Ini dia fakta pentingnya.

  1. Menurut National Institute of Dental and Craniofacial Research (NIDCR), embrio diawali dengan tulang rawan yang kelak berubah menjadi tulang. Saat dilahirkan, tulang bayi masih demikian lentur hingga mudah melewati jalan lahir. Proses pengerasan tulang dimulai pada awal tahun pertama dan akan terus berlangsung sampai masa puber.
     
  2. Selama pertumbuhan berat badan bayi,  sepanjang usia bayi, ubun-ubun terasa lunak karena tulang tengkoraknya memang belum menutup. Celah ini berguna untuk mengakomodasi pertumbuhan dan perkembangan otak yang pesat di usia dini. Hanya sekitar 50%  bayi yang ubun-ubunnya menutup di usia 18 bulan. Pada semua bayi, ubun-ubun akan menutup sempurna di usia 2 tahun.
     
  3. Pertumbuhan tulang bayi akan terganggu antara lain bila bayi kekurangan vitamin dan mineral. Masa bayi bisa dikatakan sebagai masa di mana pondasi tulang-belulang harus terbentuk dan selesai sebelum masa pubertas. Bila semasa bayi, kebutuhan akan vitamin D dan kalsium tidak tercukupi, tulang akan rapuh dan rentan mengalami pengeroposan yang sulit dikoreksi lagi di masa dewasa.
     
  4. Pemenuhan kebutuhan akan vitamin D dan kalsium ini harus dilakukan sejak bayi masih berupa janin agar pertumbuhan tulangnya dapat optimal. Setelah lahir, kecukupan kalsium bayi bisa didapat dari asupan ASI. Seiring dengan bertambahnya usia, tambahan kalsium bisa didapat dari makanan pendamping ASI mulai di usia 6 bulan.
     
  5. Agar pembentukan tulang jadi sempurna, asupan kalsium harus dibarengi dengan kecukupan vitamin C dan D dari sinar matahari yang membantu penyerapan kalsium ke dalam tubuh.

Foto: Shutterstock

  BACA JUGA

Demam Pada Anak Naik Turun, Pertanda Demam Berdarah?

Demam pada anak naik turun, Apakah Si Kecil mengalami gejala demam berdarah? SImak gejala dan Pemeriksaan darah yang dilakukan saat demam

Artikel25/08/2021

Tanda Demam Pada Anak Mulai Berbahaya dan Perlu Dibawa ke Dokter

Anak demam belum pulih dalam kurun waktu kurang dari satu minggu, Moms perlu waspada jika anak juga mengalami beberapa gejala penyerta berikut ini.

Artikel19/08/2021

Demam Pada Anak Tak Kunjung Turun, Perhatikan Juga Gejala Penyertanya Ya, Moms!

Demam bisa jadi menandakan kalau Si Kecil mengalami kondisi kesehatan tertentu. Untuk mengetahuinya, simak gejala penyerta untuk mengetahui kemungkinan penyakit yang ia derita berikut ini ya, Moms!

Artikel13/08/2021