ARTIKEL

CIRI CIRI GEJALA DEMAM MALARIA

Tuesday, 16 May 2017

Ciri Ciri Gejala Demam Malaria

Malaria adalah salah satu penyakit yang bisa berakibat fatal jika tidak ditangani sejak tahap awal. Untungnya, dalam 10 tahun terakhir kasus malaria sudah menurun, bahkan jarang ditemui lagi. Dunia kesehatan sudah maju pesat dalam upaya mencegah dan menanggulangi penyakit yang ditularkan oleh gigitan nyamuk ini. Namun tentunya kita tetap harus waspada ya Moms! Pasalnya, daerah tropis seperti Indonesia acapkali menjadi tempat berkembangnya parasit penyebab malaria Plasmodium dan nyamuk Anopheles yang jadi penyebarnya.

Jika Buah Hati tiba-tiba panas tinggi, penting untuk Moms mendeteksi dini apakah ini termasuk gejala malaria atau tidak agar bisa segera dirawat secara intensif. Salah satu ciri khas gejala pada malaria adalah demam dengan pola klasik “trias malaria”. Kenali lebih jauh karakteristik demam pada malaria di sini :

Ciri-ciri demam :

  • Terjadi dengan pola ‘Trias Malaria’ :
    Secara sederhana, pola trias malaria terjadi dalam tiga fase :
    1. Cold stage : Pada fase awal ini Buah Hati akan merasa kedinginan dan menggigil. Biasanya terjadi pada jam 11-12 siang selama 15 menit sampai 1 jam.
    2. Hot stage : Fase demam tinggi selama 2-6 jam. Bisa terjadi kejang-kejang. (Segera bawa anak ke rumah sakit jika terjadi kejang)
    3. Sweating stage : Di fase 3 ini seluruh badan Buah Hati akan berkeringat dan demam berangsur menurun. Fase ini berlangsung selama 2-4 jam seolah sembuh padahal nantinya pola trias malaria ini akan terulang lagi.
       
  • Demam Berkepanjangan 
    Pola trias malaria tersebut terjadi terulang lagi secara berkepanjangan selama 1 minggu lebih.
     
  • Timbulnya Demam Berjeda
    Demam timbul dengan pola jeda 2-3 hari. 
    1. Jika terulang setelah jeda 36 jam, maka yang menyerang adalah parasite Plasmodium falciparum. Malaria yang terjadi merupakan kasus malaria berat.
    2. Jika terulang di hari ketiga setelah jeda  2 hari, maka yang menyerang adalah parasite Plasmodium vivax atau Plasmodium ovale. Kasus malaria ini disebut juga malaria Tersiana.
    3. Jika terulang di hari keempat setelah jeda 3 hari, maka yang menyerang adalah parasite Plasmodium. Kasus malaria ini disebut juga malaria Kuartana.
  • Suhu tinggi
    Suhu tubuh tinggi diatas 37.5 derajat Celcius. Bahkan bisa mencapai 41 derajat Celcius. Dokter bisa menyarankan untuk memberi obat-obatan paracetamol untuk membantu menurunkan panas Buah Hati.

Selain DEMAM dengan karakteristik tersebut, Buah Hati juga akan mengalami gejala-gejala lain, di antaranya: sakit kepala, mual, muntah, diare, sakit nyeri pada otot sekujur tubuh, pegal-pegal, anemia, mengalami penurunan kesadaran, mata atau tubuh kuning, lemah, perdarahan hidung / gusi / saluran pencernaan, telapak tangan pucat, warna air seni seperti teh tua bahkan kehitaman, dll.

Dokter mungkin akan menyarankan agar :

  • Rawat inap di Rumah Sakit.
  • Anak beristirahat total (bedrest).
  • Mengonsumsi obat paracetamol sesuai anjuran atau resep untuk menurunkan demam. Jika anak menolak minum obat, jangan panik. Anda bisa memberikan sirup bodrexin penurun panas dengan rasa jeruk kesukaan anak untuk Buah Hati yang berusia 1-8 tahun, dan bodrexin Demam Drops untuk bayi berusia 0-2 tahun.
  • Mengompres dahi anak. 
  • Memberi pengobatan khusus malaria seperti pil kina, dll.
  BACA JUGA

Cara Meredakan Demam Saat Anak Tumbuh Gigi

Bagaimana cara meredakan demam saat anak tumbuh gigi? Ada dua alasan utama mengapa tumbuh gigi dan infeksi terjadi pada waktu yang sama.

Artikel13/03/2023

Cara Mengatasi Anak Flu Batuk Saat Nafsu Makannya Menurun

Tak hanya terjadi pada orang dewasa, flu dan batuk yang dialami oleh anak-anak juga bisa membuat nafsu makannya menurun. Yuk lihat beberapa cara mengatasi anak flu batuk saat nafsu makannya menurun berikut ini.

Artikel29/11/2022

Bebas Ribet, Ini Dia Cara Alami Mengatasi Anak Flu Batuk yang Bisa Moms Lakukan di Rumah

Flu dan batuk menjadi penyakit yang paling banyak dialami oleh anak-anak. Pengetahuan mengenai cara mengatasi anak flu batuk di rumah secara sederhana dan alami berikut ini tentu sangat diperlukan.

Artikel08/08/2022