ARTIKEL

MENGATASI SAKIT PANAS ANAK AGAR TIDAK MENGGANGGUNYA DI SEKOLAH

Thursday, 19 January 2017

SHARE      

Mengatasi Sakit Panas Anak agar Tidak Mengganggunya di Sekolah

Demam, adalah salah satu gejala penyakit yang sering diderita anak. Demam tidak selalu mengindikasikan penyakit yang serius. Kadang kala, demam hanyalah gejala yang menyertai sakit flu atau radang tenggorokan. Meskipun begitu, saat mengalami demam, anak bisa merasa sangat tidak nyaman apalagi jika ia tetap harus pergi ke sekolah. Namun, Moms bisa meredakan demam dan meminimalisasi ketidaknyamanan anak dengan cara berikut ini.

Mandi dengan air hangat
Sebelum berangkat sekolah, anak tentunya harus mandi terlebih dulu. Jika dalam kondisi demam, jangan memandikannya dengan air dingin karena bisa membuatnya menggigil. Hal itu justru akan menyebabkan suhu tubuhnya lebih cepat meningkat. Sebaiknya gunakan air hangat agar anak merasa lebih nyaman.

Pakaian nyaman
Jika anak sedang sakit, orangtua sering memakaikan anaknya pakaian yang tebal agar lebih hangat. Ternyata hal ini tidak perlu dilakukan. Justru biarkan anak memakai pakaian yang ringan ditambah dengan kardigan berbahan sejuk. Jika anak menggunakan seragam sekolah, pastikan kaos dalam yang dikenakan tidak terlalu tebal. Pakaian yang terlalu berlapis akan menyulitkan panas tubuh keluar dan akhirnya suhu tubuh semakin naik.

Siapkan botol minum
Bawakan anak Anda botol minuman ekstra. Sebab saat demam, cairan tubuh anak berkurang lebih cepat sehingga ia dapat mengalami dehidrasi. Air, susu, dan sup dapat menjadi asupan cairan untuk mereka. Hindari minuman bersoda dan teh.

Obat penurun panas
Segera beri si kecil obat penurun panas untuk anak. Pilihlah bodrexin demam syrup atau bodrexin tablet yang terpercaya sejak 1969 menurunkan panas demam anak dari generasi ke generasi. Tablet hisap rasa jeruknya sangat disukai anak. Ulangi setiap empat jam atau sesuai petunjuk dokter.

  BACA JUGA

Penting Diketahui! Aturan Memberikan Obat Flu & Batuk Pada Anak

Selain mencukupi kebutuhan nutrisi dan istirahat pada anak, cara lain yang bisa kita lakukan untuk meredakan flu dan batuk yang dialami oleh Si Kecil adalah dengan memberikannya obat.

Artikel27/06/2022

Penyebab Anak Batuk Pilek Terjadi Berulang, Alergi atau Virus Ya?

Tak hanya disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri, batuk pada anak juga bisa terjadi sebagai tanda alergi. Lalu, bagaimana membedakannya?

Artikel17/05/2022

Batuk Pada Anak Terjadi Lebih dari Satu Minggu, Berbahayakah?

Batuk pada anak menjadi salah satu kondisi kesehatan yang sangat dikhawatirkan oleh sebagian besar orang tua. Apa yang harus Moms lakukan?

Artikel09/05/2022