KIDS ON HOLIDAY

KARAKTERISTIK DEMAM : CHIKUNGUNYA

Thursday, 20 July 2017

SHARE      

Karakteristik Demam : Chikungunya

Penyakit chikungunya memiliki akar kata dari bahasa orang Makonde (Tanzania), yang artinya berubah bentuk menjadi melengkung. Mengapa demikian? Ini karena chikungunya menimbulkan nyeri hebat pada daerah persendian tubuh, sehingga tulang dan sendi terasa ngilu sampai-sampai tubuh penderitanya harus melengkung (membungkuk) saat merasakan ketidaknyamanan tersebut. Oleh sebab ini jugalah, penyakit chikungunya sering juga disebut flu tulang. Walaupun gejalanya sangat mengganggu dan mirip dengan Demam Berdarah Dengue, namun penyakit ini tidak seberat DBD yang virusnya sama-sama ditularkan melalui vector nyamuk Aedes Aegypti. Untuk membedakannya, yuk kenali ciri demam penyakit Chikungunya berikut ini :

Ciri-ciri demam :

  • Demam Mendadak
    Demam yang mendadak merupakan salah satu ciri khas Chikungunya.
     
  • Berlangsung sekitar 5-7 hari
    Demam ini akan berlangsung sekitar 5 hari, lalu setelahnya demam berangsur-angsur turun ke suhu normal seiring dengan meredanya gejala chikungunya yang lain. Jika demam berkepanjangan, segera hubungi dokter untuk diperiksa lebih lanjut.
     
  • Suhu tinggi
    Suhu tubuh tinggi diatas 37.5 derajat Celcius. Bahkan bisa mencapai 40 derajat Celcius. Dokter bisa menyarankan untuk memberi obat-obatan paracetamol untuk membantu menurunkan panas Buah Hati.
     
  • Tidak berpola dan tidak disertai perdarahan
    Berbeda dengan demam berdarah dengue atau malaria yang memiliki pola demam tertentu, chikungunya tidak menimbulkan perdarahan.

Selain demam dengan karakteristik tersebut, Buah Hati juga akan mengalami gejala-gejala lain, di antaranya : sakit perut, mual muntah, nyeri sendi dan otot, muncul bintik merah di badan dan lengan.

Sampai saat ini, tidak ada vaksin khusus chikungunya ataupun obat khusus chikungunya. Jadi untuk para penderita sangat dianjurkan untuk mengonsumsi menu bergizi serta vitamin tambahan yang bisa menambah daya tahan tubuh melawan virus chikungunya yang menyerangnya.

Dokter mungkin akan menyarankan agar :

  BACA JUGA

Penyebab Anak Batuk Pilek Terjadi Berulang, Alergi atau Virus Ya?

Tak hanya disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri, batuk pada anak juga bisa terjadi sebagai tanda alergi. Lalu, bagaimana membedakannya?

Artikel17/05/2022

Batuk Pada Anak Terjadi Lebih dari Satu Minggu, Berbahayakah?

Batuk pada anak menjadi salah satu kondisi kesehatan yang sangat dikhawatirkan oleh sebagian besar orang tua. Apa yang harus Moms lakukan?

Artikel09/05/2022

Cegah Anak Demam Saat Belajar Puasa, Yuk Ajak Si Kecil untuk Melakukan Beberapa Hal Berikut Ini, Moms!

Cegah Anak Demam Saat Belajar Puasa, Yuk Ajak Si Kecil untuk Melakukan Beberapa Hal Berikut Ini, Moms!

Artikel28/04/2022