ARTIKEL

TIPS MENGASUH ANAK KEMBAR

Wednesday, 27 January 2016

Tips Mengasuh Anak Kembar

Bayi kembar memang menggemaskan. Tetapi mengurusnya tentu sangat melelahkan. Bayangkan saja, dua bayi harus mendapat perhatian di saat bersamaan. Memiliki anak kembar? Jennifer Walker, seorang perawat berpengalaman yang juga penulis buku The Moms on Call Guide to Basic Baby Care dan juga seorang ibu dari anak kembar, berbagi tips mengasuh bayi kembar.

1. Buatlah jadwal

Buatlah jadwal yang sama bagi kedua anak Anda. Mulai dari jadwal menyusui dan tidur yang sama agar Moms juga memiliki waktu istirahat yang cukup.

2. Belajar menyusui dua bayi secara bersamaan

Bagaimana menyusui bayi secara bersamaan? Jennifer menyusui satu bayi langsung dari payudara, di saat yang sama ia memberi susu satu bayi yang lain dengan botol. Tetapi jika nyaman, menyusui keduanya bersamaan dari payudara Moms juga bisa dilakukan namun butuh latihan dan kesabaran.

3. Satu tempat tidur bayi cukup di bulan-bulan pertama

Anak kembar umumnya lebih nyenyak bila diletakkan berdampingan. Namun jika si kembar sudah mulai pintar berguling dan saling menabrak Moms bisa memisahkannya. Jangan lupa, mereka harus punya car seat sendiri-sendiri. Untuk stroller, sekarang sudah banyak pilihan double stroller.

4. Anak kembar berbagi kuman

Bila salah satu anak di rumah terkena kuman atau infeksi, bisa dipastikan kuman tersebut akan cepat berpindah ke anak yang lain. Maka, segera atasi bila salah satu anak mengalami gangguan kesehatan. Jangan menunda, karena bila sudah menjangkiti keduanya, tentu akan lebih merepotkan.

5.  Meskipun mirip, anak kembar bisa sangat berbeda

Bagaimanapun, anak kembar adalah pribadi yang terpisah. Hindari membanding-bandingkan keduanya. Ingat, setiap anak punya kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Foto: Shutterstock

  BACA JUGA

Hati-Hati Kasus Pneumonia Banyak Dialami Anak, Moms Harus Bagaimana Selama Liburan?

Yuk kita simak panduan agar Moms dapat menjaga kesehatan si Kecil agar terhindar dari penyakit pneumonia.

Artikel29/12/2023

Mengenal Terapi Garam untuk Mengatasi Masalah Pernapasan Anak

Salah satu metode yang semakin populer dalam mengatasi masalah pernapasan anak adalah terapi garam. Yuk Moms, cari tahu tentang terapi garam!

Artikel31/10/2023

Peralihan Cuaca Bikin Anak Mudah Sakit, Ini Tips Jaga si Kecil

Peralihan cuaca sudah di mulai. Untuk itulah, penting bagi Moms untuk mengetahui dalam menjaga kesehatan anak di musim kemarau yang panjang ini.

Artikel02/10/2023