ARTIKEL

TIPS MENGAJARKAN ANAK KATA-KATA BARU

Wednesday, 27 January 2016

SHARE      

Tips Mengajarkan Anak Kata-Kata Baru

Kemampuan berkomunikasi adalah dasar untuk dapat bersosialisasi dengan baik. Latih anak agar dapat memiliki kemampuan berbahasa yang optimal. Rata-rata anak usia 2 tahun menguasai kosakata sebanyak 20-200 kata, dan menginjak 3 tahun perbendaharaan kata mereka akan meningkat hingga 1.000 kata.

Janet Felice, speech-language pathologist dan koordinator pelayanan klinis di Atlanta Speech School mengungkapkan orangtua sangat berperan terhadap kemampuan berbahasa dan berbicara si anak. Ini beberapa stimulasi yang dapat Moms lakukan untuk menstimulasi kemampuan berbahasa anak-anak.

  1. Pilih buku yang sesuai dengan usia anak, ajaklah anak membaca bersama. Setiap menemukan kata baru yang belum pernah anak dengar ulangi beberapa kali dan jelaskan apa arti kata tersebut.
  2. Ajak si kecil mengobrol lebih sering. Selain kosakatanya bertambah, kepercayaan diri mereka juga akan meningkat.
  3. Setiap mengobrol, pancing anak untuk menjawab lebih dari sekadar “ya” dan “tidak” untuk meningkatkan kemampuan mereka menggunakan kosakata yang baru.
  4. Dorong anak untuk lebih banyak mengobrol dengan teman sebayanya. Misalnya dengan melibatkan mereka dalam permainan yang membutuhkan mereka untuk bercakap-cakap.
  5. Asah imajinasi anak. Ajak mereka bermain peran sebagai karakter favorit mereka yang ada dalam cerita dongeng yang pernah mereka tonton atau baca. Bantu mereka mengekspresikan diri lewat kata-kata dan karakter yang mereka ambil.

Foto : Shutterstock

  BACA JUGA

Terapkan Bahasa Kasih ini Saat Anak Sedang Sakit

Teori ini dipopulerkan oleh Dr. Gary Chapman dalam bukunya The Five Love Languages, yang mengupas lima ekspresi kasih yang dominan pada diri setiap orang.

Artikel23/11/2017

Mengajarkan Anak Berpakaian Sendiri

Anak usia 2-3 tahun, sudah bisa diajar berpakaian sendiri. Hasilnya memang belum prima, tapi minimal Anda sudah mengajarkannya mandiri dan punya percaya diri.

Artikel24/11/2015