ARTIKEL

SUKA BERIMAJINASI TANDA ANAK PINTAR

Tuesday, 24 November 2015

SHARE      

Suka Berimajinasi Tanda Anak Pintar

Saat bermain, balita suka berimajinasi seakan-akan ia bukan dirinya. Ia kerap meniru satu tokoh atau sesuatu yang lain. Hal ini tak perlu dikhawatirkan, karena ternyata, gemar berimajinasi menandakan ia anak yang pintar.

Anak mungkin menyalin hal-hal yang Anda lakukan, meniru rutinitas sehari-hari dengan berpura-pura memberi makan boneka beruangnya atau bertindak seperti binatang kesukaannya. Perilaku ini biasanya sering muncul di usia 18 sampai 20 bulan.

Kawal Kreativitasnya
Sebuah imajinasi aktif akan membantu anak "berjalan" dengan cara yang berbeda dari yang Anda kira. Berikut tiga cara membantu anak terus berpikir kreatif:

1. Tingkatkan  Komunikasi
Anak-anak yang suka bermain game imajiner atau mendengarkan banyak cerita dongeng atau buku cenderung memiliki kemampuan komunikasi yang lebih baik. Jika ingin anak memiliki kosakata yang kaya di tahun depan, lakukan hal dasar ini dari sekarang.

2. Ambil Kendali
Mengajak balita berpura-pura menjadi orang lain atau sesuatu dapat mengeksplorasi emosi negatifnya. Misalnya, melalui cerita di mana tiga rusa kecil menggagalkan rencana serigala jahat. Cerita seperti itu dapat memberinya perasaan bahwa dia bisa menjadi kuat dan terkendali, bahkan dalam situasi yang asing atau menakutkan.

3. Memecahkan Masalah
Memimpikan situasi imajiner mengajarkan anak berpikir kreatif. Ini bisa menjadi asetnya dalam memecahkan masalah. Sebuah studi yang dilakukan di Case Western Reserve University  menemukan bahwa balita yang imajinatif cenderung menjadi pemecah masalah di kehidupan dewasanya. Tipe anak yang seperti ini juga senang tantangan dan mampu dihadapkan pada situasi sulit.

Sumber : Nova
FOTO: Shutterstock

  BACA JUGA

Panduan Memilih Mainan Edukatif untuk Anak

Sedang mencari mainan edukatif terbaik untuk menstimulasi si kecil?

Artikel24/11/2015

Memuji Anak yang Benar

Tidak ada yang salah dengan memberikan pujian pada anak, asalkan Anda melakukannya dengan benar.

Artikel24/11/2015

Mengapa Anak Perlu Diajarkan Cinta Musik

Sejumlah penelitian membuktikan, musik mampu meningkatkan kecerdasan anak.

Artikel24/11/2015