ARTIKEL

SOLUSI SAAT BUAH HATI TERSERANG FLU DAN BATUK SELAMA PSBB TRANSISI

Tuesday, 17 November 2020

Solusi Saat Buah Hati Terserang Flu dan Batuk Selama PSBB Transisi

Melihat Si Kecil mengalami flu dan batuk saja kadang bisa membuat kita panik, apalagi jika mereka mengalaminya saat PSBB transisi seperti saat ini? Pasti rasa panik Bunda berkali lipat, bukan? Well, tak perlu panik berlebihan, karena tidak semua flu dan batuk merupakan tanda bahwa seseorang terpapar COVID-19, apalagi jika Bunda dan keluarga menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

Flu dan batuk pada anak biasanya terjadi akibat infeksi virus influenza atau Rhinovirus yang membuat mereka mengalami hidung tersumbat, bersin, batuk, dan terkadang disertai demam. Jika hal ini terjadi, yuk simak beberapa hal berikut ini.

Menjauhi Kerumunan dan Karantina di Dalam Kamar

Hal utama yang bisa Bunda lakukan adalah dengan menjauhi kerumunan, termasuk dalam keluarga sendiri dengan cara mengarantinanya di dalam kamar. Tujuannya adalah agar ia tidak menularkannya pada anggota keluarga lain. Pastikan Si Kecil untuk mendapatkan istirahat yang cukup untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya dan memenuhi kebutuhan nutrisi serta cairan tubuh melalui air mineral, sayuran, dan buah-buahan. Agar ia tidak merasa bosan selama masa karantina di kamarnya, berikan beberapa peralatan gambar atau mainan sebagai sumber hiburannya. Dengan begini, masa penyembuhannya bisa berlangsung lebih cepat, deh.

Memakai Masker

Solusi saat buah hati terserang flu dan batuk selanjutnya adalah dengan mengajaknya menggunakan masker untuk mencegah penularan ke anggota keluarga lainnya. Pilihkan masker dengan bahan yang nyaman, aman (tidak mudah bocor atau robek) serta motif favorit Si Kecil agar mereka mau memakainya dan bisa menjadi lebih bersemangat untuk sembuh ya, Bunda.

Memberikan Obat Flu dan Batuk

Saat anak sakit, memberikan obat adalah langkah paling efektif yang bisa Bunda lakukan, tentunya dengan memerhatikan kandungan dan manfaat obatnya. Saat anak flu dan batuk, berikanlah obat flu dan batuk khusus anak seperti bodrexin Flu & Batuk PE atau bodrexin Flu & Batuk Tidak Berdahak DPH yang hadir dalam kemasan sirup rasa jeruk manis yang disukai anak-anak dan juga kandungan di dalamnya ampuh dalam meringankan flu dan batuk anak. Jika Si Kecil mengalami batuk berdahak, berikan bodrexin Flu & Batuk PE yang mengandung PE (Phenylephrine) sebagai dekongestan untuk membantu melegakan hidung tersumbat saat mengalami flu dan juga kandungan Guaifenesin dan Bromhexine yang berperan untuk mengencerkan dahak saat Si Kecil mengalami batuk berdahak.

Namun, bagaimana jika Si Kecil mengalami flu dan batuk tidak berdahak? Tenang, karena ada bodrexin Flu & Batuk Tidak Berdahak DPH yang mengandung DPH (Diphenhydramine) yang bekerja menekan pusat batuk sekaligus sebagai antihistamin untuk meringankan gejala flu seperti demam, sakit kepala, bersin-bersin dan hidung tersumbat yang disertai batuk tidak berdahak. Menariknya lagi, saat ini Bunda bisa mendapatkan kedua produk obat flu dan batuk ini secara online hanya di Tempo Official Store melalui E-commerce kesayangan seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, dan Lazada, lho!

Rapid Test atau PCR Test

Mengajak keluarga untuk melakukan rapid test atau PCR test juga bisa menjadi salah satu solusi saat buah hati terserang flu dan batuk, apalagi jika Bunda atau ada anggota keluarga yang masih harus berkegiatan di luar rumah selama masa PSBB transisi. Tujuannya adalah untuk memastikan kondisi kesehatan dan mengetahui apakah ada anggota keluarga yang terpapar virus atau tidak. Namun, pastikan untuk melakukannya di rumah sakit atau di fasilitas kesehatan yang terpercaya ya, Bunda.

Selain dengan melakukan beberapa cara di atas, jangan lupa juga untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dengan taat, baik di dalam rumah maupun saat bepergian ya, Bunda. Yuk, jaga selalu kesehatan keluarga agar tetap dapat berkumpul dan beraktivitas dengan lebih nyaman mulai dari sekarang juga!

  BACA JUGA

Cara Meredakan Demam Saat Anak Tumbuh Gigi

Bagaimana cara meredakan demam saat anak tumbuh gigi? Ada dua alasan utama mengapa tumbuh gigi dan infeksi terjadi pada waktu yang sama.

Artikel13/03/2023

Cara Mengatasi Anak Flu Batuk Saat Nafsu Makannya Menurun

Tak hanya terjadi pada orang dewasa, flu dan batuk yang dialami oleh anak-anak juga bisa membuat nafsu makannya menurun. Yuk lihat beberapa cara mengatasi anak flu batuk saat nafsu makannya menurun berikut ini.

Artikel29/11/2022

Bebas Ribet, Ini Dia Cara Alami Mengatasi Anak Flu Batuk yang Bisa Moms Lakukan di Rumah

Flu dan batuk menjadi penyakit yang paling banyak dialami oleh anak-anak. Pengetahuan mengenai cara mengatasi anak flu batuk di rumah secara sederhana dan alami berikut ini tentu sangat diperlukan.

Artikel08/08/2022