ARTIKEL

MENGATASI SAKIT PANAS ANAK AGAR TIDAK MENGGANGGUNYA DI SEKOLAH

Thursday, 19 January 2017

Mengatasi Sakit Panas Anak agar Tidak Mengganggunya di Sekolah

Demam, adalah salah satu gejala penyakit yang sering diderita anak. Demam tidak selalu mengindikasikan penyakit yang serius. Kadang kala, demam hanyalah gejala yang menyertai sakit flu atau radang tenggorokan. Meskipun begitu, saat mengalami demam, anak bisa merasa sangat tidak nyaman apalagi jika ia tetap harus pergi ke sekolah. Namun, Moms bisa meredakan demam dan meminimalisasi ketidaknyamanan anak dengan cara berikut ini.

Mandi dengan air hangat
Sebelum berangkat sekolah, anak tentunya harus mandi terlebih dulu. Jika dalam kondisi demam, jangan memandikannya dengan air dingin karena bisa membuatnya menggigil. Hal itu justru akan menyebabkan suhu tubuhnya lebih cepat meningkat. Sebaiknya gunakan air hangat agar anak merasa lebih nyaman.

Pakaian nyaman
Jika anak sedang sakit, orangtua sering memakaikan anaknya pakaian yang tebal agar lebih hangat. Ternyata hal ini tidak perlu dilakukan. Justru biarkan anak memakai pakaian yang ringan ditambah dengan kardigan berbahan sejuk. Jika anak menggunakan seragam sekolah, pastikan kaos dalam yang dikenakan tidak terlalu tebal. Pakaian yang terlalu berlapis akan menyulitkan panas tubuh keluar dan akhirnya suhu tubuh semakin naik.

Siapkan botol minum
Bawakan anak Anda botol minuman ekstra. Sebab saat demam, cairan tubuh anak berkurang lebih cepat sehingga ia dapat mengalami dehidrasi. Air, susu, dan sup dapat menjadi asupan cairan untuk mereka. Hindari minuman bersoda dan teh.

Obat penurun panas
Segera beri si kecil obat penurun panas untuk anak. Pilihlah bodrexin demam syrup atau bodrexin tablet yang terpercaya sejak 1969 menurunkan panas demam anak dari generasi ke generasi. Tablet hisap rasa jeruknya sangat disukai anak. Ulangi setiap empat jam atau sesuai petunjuk dokter.

  BACA JUGA

Cara Meredakan Demam Saat Anak Tumbuh Gigi

Bagaimana cara meredakan demam saat anak tumbuh gigi? Ada dua alasan utama mengapa tumbuh gigi dan infeksi terjadi pada waktu yang sama.

Artikel13/03/2023

Cara Mengatasi Anak Flu Batuk Saat Nafsu Makannya Menurun

Tak hanya terjadi pada orang dewasa, flu dan batuk yang dialami oleh anak-anak juga bisa membuat nafsu makannya menurun. Yuk lihat beberapa cara mengatasi anak flu batuk saat nafsu makannya menurun berikut ini.

Artikel29/11/2022

Bebas Ribet, Ini Dia Cara Alami Mengatasi Anak Flu Batuk yang Bisa Moms Lakukan di Rumah

Flu dan batuk menjadi penyakit yang paling banyak dialami oleh anak-anak. Pengetahuan mengenai cara mengatasi anak flu batuk di rumah secara sederhana dan alami berikut ini tentu sangat diperlukan.

Artikel08/08/2022