ARTIKEL

MENGAPA ANAK SUKA MENGOMPOL

Wednesday, 27 January 2016

SHARE      

Mengapa Anak Suka Mengompol

Terpaksa menjemur kasur yang terkena ompol adalah hal lumrah yang terjadi ketika anak masih kecil dan sedang belajar lepas dari popok sekali pakai. Tapi sebenarnya apa sih penyebab anak mengompol? 

Howard Bennet, MD, dokter kesehatan anak dan penulis buku Waking Up Dry: A Guide to Help Children Overcome Bedwetting mengungkapkan, anak belum mampu menyadari kandung kemih mereka sudah penuh oleh produksi urin sepanjang malam hari. Jika perkembangan sistem saraf yang mengendalikan kandung kemih lambat, maka ketika anak tidur pulas sulit bagi mereka untuk mendapatkan sinyal pada otak bahwa mereka perlu buang air kecil. 

Lalu mengapa ada anak yang mengompol dan tidak? Menurut Howard otak dan kandung kemih belajar berkomunikasi secara bertahap, dan proses komunikasi ini berbeda-beda pada setiap anak. Ada juga anak yang biasanya tidak mengompol, tiba-tiba jadi sering mengompol. Hal ini bisa jadi terkait dengan stres pada anak. Karena stres seperti harus jauh dari rumah atau baru masuk sekolah bisa jadi pemicu mengompol pada anak. 

Tapi hati-hati juga ya, Moms. Sering mengompol bisa menjadi tanda adanya infeksi saluran kemih yang membuat anak sulit mengendalikan buang air kecil, atau tanda diabetes. Konsultasikan dengan dokter ya.

Foto : Shutterstock

  BACA JUGA

Dampak Buruk Menonton TV Bagi Kesehatan Anak

Termasuk orangtua yang suka menggunakan televisi sebagai ‘alat’ pengalih atau menenangkan si kecil?

Artikel24/11/2015