ARTIKEL

KARAKTERISTIK DEMAM CAMPAK

Wednesday, 22 November 2017

Karakteristik Demam Campak

Cacar adalah penyakit yang disebabkan infeksi virus Varicella zoster. Penyakit yang sering menyering anak-anak tersebut memiliki gejala fisik yang khas sehingga mudah untuk Mom deteksi. Dalam 24 jam akan mulai muncul bintil-bintil melenting berwarna merah berisi cairan. Bintil-bintil tersebut  akan menyebar dari wajah ke dada, perut, dan bagian tubuh lain. Bintil merah ini tak boleh digaruk ya Mom meskipun terasa gatal, karena dapat menyebabkan infeksi, menjadi sumber penularan, dan meninggalkan bekas luka parut yang susah hilang. Selain bintil merah berair, Buah Hati juga mungkin akan mengalami sakit kepala, mual muntah, nyeri, dan kehilangan nafsu makan. Buah Hati juga bisa mengalami demam dengan ciri-ciri seperti berikut :

  • Selama hari 1-2: Dalam dua hari pertama, Buah Hati akan mengalami demam ringan disertai batuk kering dan sakit kepala
  • Selama hari 3-8: Umumnya demam akan semakin parah. Waspadai demam yang semakin tinggi pada hari ke 3-8.
  • Selama hari 9 – 11: Demam akan  mereda. Tahap akhir ini ditandai dengan lentingan yang mulai mengering, terasa semakin gatal, namun tidak lagi menular. Tubuh juga berangsur-angsur semakin kuat dan bisa beraktivitas kembali. Pastikan kuku Buah Hati  tetap pendek, dan ingatkan untuk tidak menggaruk bekas cacar agar tidak meninggalkan bekas parut yang sulit hilang.

Bila si Buah Hati terkena cacar, berikut cara penanganan berdasarkan rekomendasi dokter:

  • Ajak buah hati istirahat total agar daya tahan tubuhnya meningkat untuk mempercepat proses penyembuhan
  • Isolasikan buah hati Mom sementara waktu agar tidak menulari teman atau keluarga terutama yang belum diimunisasi cacar.
  • Memberikan obat yang bisa meringankan gejala yang muncul.
  • Berikan obat yang mengandung Paracetamol untuk menurunkan panas demam buah hati, seperti  bodrexin Demam Sirup.

Jika Buah Hati terkena cacar, jangan panik ya Moms. Penyakit cacar pada umumnya akan sembuh sendiri setelah redanya demam. Dalam 10-21 hari, cacar akan sembuh benar dengan tanda seperti bintil yang mengering dan tubuh yang sudah lebih sehat.  Namun jika gejala demam memburuk, segera berkonsultasi langsung dengan dokter anak. Untuk mencegah penularan, pastikan Buah Hati  juga sudah menerima vaksinasi cacar. Vaksin cacar ini sendiri pada umumnya diberikan saat anak berumur 9 bulan, dan termasuk dalam rangkaian vaksin MMR (cacar, campak, rubella). Jangan lupa perkuat daya tahan Buah Hati juga ya Moms agar ia selalu sehat.

  BACA JUGA

Seberapa Perlu si Kecil Diberi Vaksin Demam Berdarah?

pemberian Vaksin demam berdarah juga direkomendasikan oleh IDAI efektif untuk menurunkan risiko demam berdarah yang parah. Perlindungan ini bisa bertahan hingga beberapa tahun.

Artikel30/11/2023

Si Kecil Sering Demam? Ini 8 Strategi untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Anak

Memperkuat sistem kekebalan tubuh adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan anak dan mencegah infeksi yang berulang.

Artikel29/06/2023

Si Kecil Alami Kejang Demam? Ini Pertolongan yang Dapat Moms Lakukan

Meskipun kejang demam biasanya tidak berbahaya, penting bagi Moms untuk memiliki pengetahuan mengenai kejang demam dan pertolongan awal yang dapat Moms berikan untuk si Kecil.

Artikel23/06/2023