ARTIKEL

JAGA DAYA TAHAN TUBUH ANAK SAAT MUSIM HUJAN

Tuesday, 09 February 2016

Jaga Daya Tahan Tubuh Anak Saat Musim Hujan

Musim hujan tiba. Biasanya penyakit juga mudah datang tanpa diundang. Flu, demam, batuk, dan bersin-bersin, rentan dialami anak-anak saat musim hujan tiba. Tapi ada lho cara agar anak terhindar dari penyakit di musim hujan. Lakukan ini ya, Moms!

1. Cuci tangan sesering mungkin. Tangan adalah media berpindahnya kuman yang sangat baik. Mencuci tangan dengan sabun atau hand-sanitizer terutama sebelum makan atau setelah bermain di luar bisa mencegah anak terpapar penyakit.

2. Jika anak kehujanan ada baiknya segera meminta anak untuk mandi air hangat. Mengapa? Sakit setelah kehujanan bisa dialami karena adanya perbedaan suhu tubuh. Ketika kepala terkena hujan, bagian kepala menjadi lebih dingin dari bagian tubuh lain. Tubuh lalu bereaksi melawan perbedaan tersebut. Tidak heran kita bisa merasa pusing jika hanya kehujanan di bagian kepala saja. Mandi air hangat dan membilas kepala dapat mengembalikan keseimbangan panas tubuh.

3. Pastikan kebutuhan air si kecil cukup. Dehidrasi dapat mengakibatkan daya tahan tubuh anak menurun hingga mudah terserang sakit.

4. Jauhkan anak dari orang yang terpapar penyakit. Misalnya jika ada kerabat yang sakit, Anda sebaiknya tak mengajak si kecil untuk ikut menjenguk ke rumah sakit. 

5. Cukupi kebutuhan gizinya dengan beragam variasi makanan sehat yang mengandung semua komponen nutrisi yang ia butuhkan mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, dan sebagainya. Jika perlu berikan vitamin tambahan. Nutrisi yang cukup adalah kunci kuatnya daya tahan tubuh anak.

6. Anak memang cenderung tidak bisa diam dan selalu aktif, namun pastikan ia juga  beristirahat dengan baik. Tidak hanya tidur dengan nyaman di malam hari, tetapi juga penuhi kebutuhan tidur siang yang cukup. Tidur yang berkualitas membantu metabolisme tubuh berjalan dengan baik.

7. Bekali selalu anak dengan payung dan baju hangat kemana pun ia pergi. Pakaian tebal menjaga badannya tetap hangat meski cuaca di luar dingin dan angin berhembus kencang. 

Foto: Shutterstock

  BACA JUGA

Seberapa Perlu si Kecil Diberi Vaksin Demam Berdarah?

pemberian Vaksin demam berdarah juga direkomendasikan oleh IDAI efektif untuk menurunkan risiko demam berdarah yang parah. Perlindungan ini bisa bertahan hingga beberapa tahun.

Artikel30/11/2023

Musim Kemarau Tiba, Mengapa Banyak Anak Alami Flu dan Batuk?

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa banyak anak mengalami flu dan batuk ketika musim kemarau tiba.

Artikel09/08/2023

Anak Bolak-balik Flu? Waspadai Penularan Flu dalam Rumah!

Ada beberapa alasan mengapa penularan flu sering terjadi di dalam rumah. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu mencegah penularan flu di dalam rumah:

Artikel26/07/2023