ARTIKEL

INI PILIHAN MENU YANG DISUKAI ANAK-ANAK

Wednesday, 27 January 2016

SHARE      

Ini Pilihan Menu yang Disukai Anak-anak

Menyusun menu untuk anak perlu kreativitas tersendiri. Sebab selain harus bergizi dan seimbang, makanan juga harus mengundang selera anak. Variasi dalam hidangan diperlukan agar kelak anak tidak pilih-pilih makanan. Bingung menentukan menu dan membuat variasi berbagai hidangan? Ini contoh menu harian yang bisa Moms tiru!

1.Sarapan (pukul 07.00—08.00)
Idealnya merupakan kombinasi protein dan karbohidrat kompleks, yang dicerna lebih lambat oleh tubuh sehingga anak akan kenyang lebih lama. Ini pilihan menu yang dapat dihidangkan:
- Nasi putih/merah + orak arik telur sayuran/omelet bayam jamur.
- Spaghetti goreng dengan sayuran.
- Roti gandum isi telur dadar, dilengkapi irisan tomat dan daun selada.
- Sereal yang dimakan bersama susu dan potongan buah.

* Camilan pagi (pukul 10.00)
Energi anak akan sedikit terkuras setelah bermain atau belajar di sekolah. Potongan atau jus buah bisa jadi pilihan camilan untuknya. Jika aktivitasnya banyak atau sarapannya sedikit Moms bisa berikan camilan yang agak mengenyangkan, seperti piza mi, martabak sayuran, atau singkong rebus.

2.Makan siang (pukul 12.00 - 13.00)
Untuk bekal energi hingga sore hari pastikan menu makan siangnya memberikan asupan kalori, vitamin, dan mineral. Ini yang dapat Moms berikan:
- Nasi putih + sayur bening bayam + ayam/tempe/tahu + buah.
- Kentang kukus + daging burger (homemade) + wortel buncis kukus.

• Camilan sore (pukul 16.00)
Di sore hari, berikan camilan padat gizi, seperti bubur kacang hijau, pisang goreng keju, atau buah-buahan.

3.Makan malam (pukul 18.00 - 19.00)
Anak usia prasekolah bisa makan malam pada sore hari (pukul 17.00), asal camilan sorenya diberikan lebih awal. Tetapi jika seluruh keluarga berkumpul, anak tetap bisa makan malam bersama orang dewasa. Menu boleh mengulang menu makan siang dengan beberapa makanan ekstra. Berikan penutup seperti buah segar atau puding.

Foto : Shutterstock

  BACA JUGA