ARTIKEL

ESSENTIAL OILS INI DIKLAIM EFEKTIF BANTU REDAKAN PANAS DEMAM SI BUAH HATI

Tuesday, 29 August 2017

Essential Oils ini Diklaim Efektif Bantu Redakan Panas Demam Si Buah Hati

Minyak atsiri atau yang sering disebut sebagai essential oil mulai sering dilirik para orangtua masa kini yang ingin merawat anaknya dengan bahan natural. Pasalnya, tiap tetes essential oil mengandung manfaat alami tanaman dalam bentuk konsentrat murni.  Salah satu contoh yang penting adalah pada tanaman obat. Tanaman obat yang diekstrak menjadi essential oil memungkinkan kita untuk menikmati khasiatnya dengan cara yang sangat praktis.

Jika Buah Hati sedang sakit, essential oils dipercaya dapat membantu mempercepat penyembuhannya lho! Khusus untuk Sakit Demam, beberapa pilihan essential oils berikut ini bisa Anda coba oleskan ke kulit, setelah memberikannya obat penurun panas seperti bodrexin Demam Sirup:

Peppermint
Peppermint oil atau minyak mint sudah luas dikenal memiliki khasiat anestetik (mampu menghentikan nyeri), sehingga sering dipakai dalam dunia kedokteran untuk keperluan bius lokal. Di samping itu minyak mint juga diketahui bersifat antipiretik alias mampu meredakan demam. Ekstrak dari daun peppermint mempunyai salah satu kandungan, yaitu menthol yang wangi dan mampu memberikan sensasi dingin. Anda bisa meneteskan minyak peppermint di handuk dingin untuk mengompres dahi buah hati. Hal ini akan mempercepat turunnya panas demam.

Kayu putih
Sebuah jurnal internasional mengenai tanaman obat khas India menyatakan bahwa eukaliptus dapat digunakan minyaknya untuk bantu meredakan demam secara alami karena memiliki khasiat antipiretik. Saat membersihkan badannya, anda bisa mengelap kulit Buah Hati dengan handuk atau waslap basah yang ditetesi essential oil kayu putih.

Sereh
Minyak atsiri sereh ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti yang disebut dalam jurnal dari UFPR Brasil tahun 2007. Di jurnal yang sama, disebutkan juga bahwa sereh digunakan di berbagai belahan dunia sebagai tanaman obat tradisional. Salah satu manfaatnya yaitu bersifat antipiretik. Pakai dengan cara mencampurkan 3 sampai 4 tetes minyak sereh atau citronella oil dengan 1 sdm minyak zaitun, dipijat perlahan ke dahi dan punggung atas si Buah Hati.

Lavender
Dengan mengaktifkan diffuser aromaterapi lavender, Anda akan merasa lebih tenang dan nyaman. Tak heran banyak orang yang memanfaatkan aromaterapi lavender untuk membantu tidur lebih nyenyak agar kualitas tidur menjadi lebih baik. Begitu juga dengan Buah Hati Anda yang butuh banyak istirahat untuk melawan sakit demamnya.

Semoga bisa membantu mengurangi suhu tubuh Buah Hati secara alami ya!

  BACA JUGA

Hati-Hati Kasus Pneumonia Banyak Dialami Anak, Moms Harus Bagaimana Selama Liburan?

Yuk kita simak panduan agar Moms dapat menjaga kesehatan si Kecil agar terhindar dari penyakit pneumonia.

Artikel29/12/2023

Seberapa Perlu si Kecil Diberi Vaksin Demam Berdarah?

pemberian Vaksin demam berdarah juga direkomendasikan oleh IDAI efektif untuk menurunkan risiko demam berdarah yang parah. Perlindungan ini bisa bertahan hingga beberapa tahun.

Artikel30/11/2023

Tips Meningkatkan Imunitas si Kecil di Musim Pancaroba

Moms perlu meningkatkan imunitas si Kecil agar ia tidak mudah tertular penyakit di musim pancaroba. Berikut beberapa tips untuk meningkatkan imunitas si Kecil:

Artikel15/11/2023