ARTIKEL

CARA AMAN SIMPAN OBAT

Tuesday, 09 February 2016

Cara Aman Simpan Obat

Rasanya dunia langsung muram ya Moms saat si kecil terserang sakit. Serangan sakit memang tidak pernah diduga. Cukup bijak kalau Moms menyimpan persediaan obat-obatan di rumah. Tapi menyimpan obat ada aturannya. Jangan sampai khasiatnya menjadi hilang bahkan jadi bumerang hanya karena penyimpanan yang salah. Perhatikan ini ya Moms ketika menyimpan persediaan obat-obatan di rumah.

  1. Jauhkan dari jangkauan anak-anak. Jangan sampai mereka punya kesempatan bermain-main dengan obat-obatan. Bahaya jika mereka tanpa sengaja menelannya. Bisa keracunan lho Moms.
     
  2. Pilih tempat yang sejuk, kering, dan tidak terkena sinar matahari. Hindari menyimpan obat-obatan dalam rak di kamar mandi. Suhu di sana berubah-ubah dari lembap ke hangat. Hal itu bisa merusak khasiat obat.
     
  3. Perhatikan tanggal kedaluwarsa. Biasanya kodenya berupa tulisan “exp” pada kemasan. Amannya bersihkan ya lemari obat-obatan Moms setidaknya setahun sekali.
     
  4. Untuk obat cair/ sirup simpan di suhu kamar. Jika segelnya sudah dibuka sebaiknya tidak lagi dikonsumsi setelah seminggu. Sementara kalau disimpan di dalam lemari es masih bisa dikonsumsi dalam jangka waktu satu bulan.
     
  5. Selain tanggal kedaluwarsa, Moms juga sebaiknya memperhatikan perubahan fisik yang terjadi pada obat. Hindari mengonsumsi obat yang sudah berubah warna atau berbau tidak wajar. Obat cair yang sudah mengalami pengendapan juga sebaiknya dibuang saja meski waktu kedaluwarsanya masih lama.
     
  6. Ada baiknya tetap menyimpan obat dalam kemasan asli untuk menghindari kemungkinan tertukar.

Penyimpanan obat yang baik dapat membantu mengurangi kepanikan Moms saat si kecil tiba-tiba terserang sakit. Kondisi tubuh si kecil memang masih rentan terhadap penyakit. Meski ringan, demam yang menyerang dapat membuatnya tidak nyaman. Tidur tidak nyenyak dan aktivitas pun terganggu. Untuk menanggulangi demam, Moms tentu menyediakan bodrexin Demam Sirup kan di lemari obat? Sirup dengan rasa jeruk ini sudah dipercaya dari generasi ke generasi untuk menurunkan panas demam juga meredakan rasa sakit seperti sakit kepala dan sakit gigi. Rasa jeruknya pun disukai anak-anak. Perhatikan aturan pakainya di kemasan ya Moms.

  BACA JUGA

Seberapa Perlu si Kecil Diberi Vaksin Demam Berdarah?

pemberian Vaksin demam berdarah juga direkomendasikan oleh IDAI efektif untuk menurunkan risiko demam berdarah yang parah. Perlindungan ini bisa bertahan hingga beberapa tahun.

Artikel30/11/2023

Musim Kemarau Tiba, Mengapa Banyak Anak Alami Flu dan Batuk?

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa banyak anak mengalami flu dan batuk ketika musim kemarau tiba.

Artikel09/08/2023

Anak Bolak-balik Flu? Waspadai Penularan Flu dalam Rumah!

Ada beberapa alasan mengapa penularan flu sering terjadi di dalam rumah. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu mencegah penularan flu di dalam rumah:

Artikel26/07/2023