ARTIKEL

CARA AMAN SIMPAN OBAT

Tuesday, 09 February 2016

SHARE      

Cara Aman Simpan Obat

Rasanya dunia langsung muram ya Moms saat si kecil terserang sakit. Serangan sakit memang tidak pernah diduga. Cukup bijak kalau Moms menyimpan persediaan obat-obatan di rumah. Tapi menyimpan obat ada aturannya. Jangan sampai khasiatnya menjadi hilang bahkan jadi bumerang hanya karena penyimpanan yang salah. Perhatikan ini ya Moms ketika menyimpan persediaan obat-obatan di rumah.

  1. Jauhkan dari jangkauan anak-anak. Jangan sampai mereka punya kesempatan bermain-main dengan obat-obatan. Bahaya jika mereka tanpa sengaja menelannya. Bisa keracunan lho Moms.
     
  2. Pilih tempat yang sejuk, kering, dan tidak terkena sinar matahari. Hindari menyimpan obat-obatan dalam rak di kamar mandi. Suhu di sana berubah-ubah dari lembap ke hangat. Hal itu bisa merusak khasiat obat.
     
  3. Perhatikan tanggal kedaluwarsa. Biasanya kodenya berupa tulisan “exp” pada kemasan. Amannya bersihkan ya lemari obat-obatan Moms setidaknya setahun sekali.
     
  4. Untuk obat cair/ sirup simpan di suhu kamar. Jika segelnya sudah dibuka sebaiknya tidak lagi dikonsumsi setelah seminggu. Sementara kalau disimpan di dalam lemari es masih bisa dikonsumsi dalam jangka waktu satu bulan.
     
  5. Selain tanggal kedaluwarsa, Moms juga sebaiknya memperhatikan perubahan fisik yang terjadi pada obat. Hindari mengonsumsi obat yang sudah berubah warna atau berbau tidak wajar. Obat cair yang sudah mengalami pengendapan juga sebaiknya dibuang saja meski waktu kedaluwarsanya masih lama.
     
  6. Ada baiknya tetap menyimpan obat dalam kemasan asli untuk menghindari kemungkinan tertukar.

Penyimpanan obat yang baik dapat membantu mengurangi kepanikan Moms saat si kecil tiba-tiba terserang sakit. Kondisi tubuh si kecil memang masih rentan terhadap penyakit. Meski ringan, demam yang menyerang dapat membuatnya tidak nyaman. Tidur tidak nyenyak dan aktivitas pun terganggu. Untuk menanggulangi demam, Moms tentu menyediakan bodrexin Demam Sirup kan di lemari obat? Sirup dengan rasa jeruk ini sudah dipercaya dari generasi ke generasi untuk menurunkan panas demam juga meredakan rasa sakit seperti sakit kepala dan sakit gigi. Rasa jeruknya pun disukai anak-anak. Perhatikan aturan pakainya di kemasan ya Moms.

  BACA JUGA

Benarkah Hujan-hujanan Menjadi Penyebab Gejala Flu Disertai Batuk Pada Anak?

apa benar kalau bermain hujan bisa membuat anak flu dan batuk? Kalau sudah begini, lantas apa yang harus Bunda lakukan agar Si Kecil tidak mudah jatuh sakit?

Artikel25/11/2020

Solusi Saat Buah Hati Terserang Flu dan Batuk Selama PSBB Transisi

Flu dan batuk pada anak biasanya terjadi akibat infeksi virus influenza atau Rhinovirus yang membuat mereka mengalami hidung tersumbat, bersin, batuk, dan terkadang disertai demam. Jika hal ini terjadi, yuk simak beberapa hal berikut ini.

Artikel17/11/2020

Mengintip Manfaat Kandungan bodrexin Untuk Meringankan Flu dan Batuk Anak

Memilih obat flu dan batuk untuk anak bukanlah hal yang bisa dilakukan dengan sembarangan. Hal utama yang harus Bunda perhatikan adalah kandungan bahan yang ada di dalamnya.

Artikel16/11/2020