ARTIKEL

AGAR MATA ANAK SENANTIASA SEHAT

Wednesday, 27 January 2016

SHARE      

Agar Mata Anak Senantiasa Sehat

Panca indra yang sehat adalah kunci lancarnya proses tumbuh kembang anak. Penglihatan yang baik misalnya membantu proses perkembangan koordinasi mata dan tangan serta kemampuan dasar lainnya.

Namun penglihatan bisa terganggu jika asupan gizi untuk mata kurang atau anak melakukan kebiasaan yang berdampak buruk pada mata. Bantu anak menjaga kesehatan mata mereka dengan melakukan hal berikut:

1. Terapkan pola makan kaya nutrisi. Penuhi kebutuhan antioksidan, Vitamin C, Vitamin E, zinc, asam lemak omega-3, dan lutein yang diperlukan untuk menjaga kesehatan mata. Sediakan salmon, tuna, udang, atau ikan lele, aneka buah, sayuran, dan kacang-kacangan.

2. Pilihkan permainan yang dapat melatih perkembangan indra penglihatan sejak dini seperti puzzle, peralatan menggambar, atau lilin yang bisa dibentuk.

3. Periksakan mata secara berkala agar jika terjadi kelainan bisa dideteksi lebih cepat.

4. Lindungi mata si kecil dengan topi atau kacamata hitam yang memiliki pelindung dari sinar UV saat anak beraktivitas luar di siang hari.

Foto: Shutterstock

  BACA JUGA

Tips Mewaspadai Flu Pada Anak dan Cara Menjelasan Covid-19 Secara Sederhana Pada Si Kecil

Pandemik COVID-19 memang sukses menimbulkan kepanikan di berbagai kalangan masyarakat. Pasalnya, fenomena inilah yang menjadi ancaman besar bagi kesehatan masyarakat luas mulai

Artikel16/05/2020

Tips Atasi Anak Kelelahan Setelah Liburan

Libur panjang baru saja berlalu, saatnya anak kembali ke sekolah. Namun, apa jadinya ya jika Buah Hati justru kelelahan akibat aktivitasnya selama liburan?

Artikel20/08/2018

Tips Mengasuh Anak Kembar

Bayi kembar memang menggemaskan. Tetapi mengurusnya tentu sangat melelahkan.

Artikel27/01/2016